Bola Internasional

Megabintang PSM Makassar Jagokan Belanda Juara Euro 2020 karena 1 Pemain Ini

Minggu, 20 Juni 2021 16:42 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim.

INDOSPORT.COM - Megabintang klub Liga 1 PSM Makassar, Wiljan Pluim, menjagokan Belanda menjuarai Euro 2020 yang sementara berlangsung sejak 12 Juni 2021.

Meski telah enam tahun lebih merantau ke klub Asia Tenggara, jiwa nasionalisme pesepakbola berposisi sebagai gelandang serang ini kepada tanah kelahirannya tetap tak luntur.

Gelandang berusia 32 tahun ini pun sangat optimistis armada Frank de Boer keluar sebagai pemenang di hajatan Euro 2020 yang bakal memainkan final pada 12 Juli 2021 mendatang.

Rupanya, alasan kapten PSM Makassar ini mendukung Belanda di turnamen sepak bola empat tahunan antar negara Eropa tersebut tak terlepas dari sosok Frankie De Jong.

"Tentu saja Belanda karena saya berasal dari sana dan ada pemain favorit, yaitu De Jong," ungkap Wiljan Pluim kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Sabtu (19/06/21).

"Saya pikir Frenkie De Jong adalah salah satu pemain terbaik saat ini dan kami pernah bermain bersama ketika dia masih muda," kata eks Vitesse Arnhem, Roda JC, PEC Zwolle, dan Willem II Tilburg ini menambahkan.

Selain dua faktor yang telah dijelaskan, Wiljan Pluim semakin yakin komposisi skuat 'De Oranje' kali ini dapat mengulangi kesuksesan di Euro edisi 1988 silam.

"Ya, saya pikir begitu (skuat terbaik). Kami punya peluang tapi tetap butuh faktor keberuntungan baik di Euro, Piala Dunia, dan turnamen apapun itu. Mungkin Belanda akan ke final," tutur aktor lapangan hijau yang telah memperkuat PSM Makassar sejak tahun 2016 ini.