In-depth

Ketika Status Timnas Indonesia di Asia Sudah Senasib dengan Guam

Senin, 21 Juni 2021 22:08 WIB
Editor: Coro Mountana
© PSSI
Skuad Timnas Indonesia melawan Afganistan. Copyright: © PSSI
Skuad Timnas Indonesia melawan Afganistan.

INDOSPORT.COM - Sungguh memprihatikan melihat status Timnas Indonesia saat ini di Asia ternyata sudah senasib dengan negara kecil seperti Guam.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk Timnas Indonesia memang sudah selesai. Di mana, Timnas Indonesia harus langsung tersingkir dengan kalah 7 kali dalam hasil 8 kali bertanding.

Hasil yang begitu buruk itu membuat Timnas Indonesia harus puas berada di dasar klasemen grup G. Padahal sebelum satu bola ditendang, sempat ada rasa optimisme, Timnas Indonesia bisa lolos ke babak selanjutnya.

Soalnya persaingan grup G didominasi oleh tim Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia dan Thailand. Praktis hanya Uni Emirat Arab saja yang berasal bukan dari Asia Tenggara.

Sempat ada rasa optimisme kalau Timnas Indonesia setidaknya bisa mengambil tempat kedua di bawah Uni Emirat Arab. Soalnya memang harus diakui, kualitas Timnas Indonesia belum sanggup mengimbangi jagoan dari Timur Tengah itu.

Tapi melawan Vietnam, Malaysia dan Thailand, suporter sempat pede karena sesama Asia Tenggara, Timnas Indonesia masih bisa bersaing. Namun ternyata, kenyataan memang pahit, Timnas Indonesia malah menjadi bulan-bulanan, bahkan oleh sesama tim Asia Tenggara.

Kalah dua kali masing-masing melawan Vietnam dan Malaysia ditambah sempat dihajar 0-3 di Jakarta saat lawan Thailand, adalah catatan kelam Timnas Indonesia. Hingga pada akhirnya kita baru sadar, kalau kualitas dan status Timnas Indonesia sudah bukan macan Asia Tenggara.

Menilik fakta kalau Timnas Indonesia harus memulai dari babak play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Rasanya kualitas dan status kita memang sedang berada pada tahap itu.

Timnas Indonesia harus bertarung dengan Guam, Chinese Taipei dan Kamboja pada babak play-off, untuk memperebutkan dua tempat lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023. Menyedihkannya, Timnas Indonesia harus bertarung dengan Guam, salah satu tim terlemah di Asia.

Memang kualitas Timnas Indonesia masih jauh di atas Guam, tapi fakta kalau kita dan mereka harus bertarung di play-off kualifikasi Piala Asia 2023 tak bisa disingkirkan. Soalnya itu pertanda status Timnas Indonesia di Asia sudah senasib dengan Guam, apakah ini kiamat?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
33%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
67%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%