Bola Internasional

Termasuk Finlandia, 4 Tim Gurem Siap Beraksi di Fase Gugur Euro 2020

Senin, 21 Juni 2021 17:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Joosep Martinson - UEFA/UEFA via Getty Images
Babak 16 besar Euro 2020 berpotensi diisi para kuda hitam setelah tim-tim non-unggulan tampil ngotot dan berpeluang lolos. Copyright: © Joosep Martinson - UEFA/UEFA via Getty Images
Babak 16 besar Euro 2020 berpotensi diisi para kuda hitam setelah tim-tim non-unggulan tampil ngotot dan berpeluang lolos.

INDOSPORT.COM - Babak 16 besar Euro 2020 berpotensi diisi para kuda hitam setelah tim-tim non-unggulan tampil ngotot dan berpeluang lolos.

Di matchday ketiga atau terakhir dari Grup B Euro 2020 diprediksi bakal berjalan sengit. Bagaimana tidak, Denmark yang belum mengoleksi poin masih bisa lolos sebagai runner-up.

Grup B memang menjadi salah satu grup yang paling menarik di Euro 2020 kali ini. Sebanyak tiga tim masih berpeluang lolos menemani Belgia.

Salah satu tim yang mencuri perhatian di Grup B adalah Finlandia. Bagaimana tidak, ini adalah Piala Eropa pertama bagi mereka.

Di debutnya, Finlandia berhasil mengalahkan tim berpengalaman seperti Denmark. Di laga kedua, mereka kalah tipis dari Rusia meskipun mendominasi laga.

Anak asuh Kanerva masih berpeluang untuk lolos ke fase gugur untuk pertama kali dalam sejarah andai bisa menang atas Belgia. Meski terdengar sulit, namun melihat performa mereka di laga melawan Rusia, kemungkinan itu selalu ada.

© Martin Meissner - Pool/Getty Images
Rasmus Schuller sedang mencoba menghibur Mathias Jensen yang menggantikan Christian Eriksen dalam laga Euro 2020 Denmark vs Finlandia. Copyright: Martin Meissner - Pool/Getty ImagesRasmus Schuller sedang mencoba menghibur Mathias Jensen yang menggantikan Christian Eriksen dalam laga Euro 2020 Denmark vs Finlandia.

Setidaknya, hasil imbang juga bisa mengantar Finlandia ke 16 besar sambil menunggu hasil lain antara Rusia vs Denmark.

Selain Finlandia, rupanya Euro 2020 berpotensi menghadirkan cukup banyak tim-tim kejutan di babak 16 besar. Bahkan, sebagian adalah tim yang belum pernah lolos ke fase gugur seperti Finlandia. Tim mana saja sisanya? Berikut ulasannya.

Slovakia

© Joosep Martinson - UEFA/UEFA via Getty Images
Milan Skriniar merayakan gol kemenangan Slovakia atas Polandia di Euro 2020. Copyright: Joosep Martinson - UEFA/UEFA via Getty ImagesMilan Skriniar merayakan gol kemenangan Slovakia atas Polandia di Euro 2020.

Berbeda dengan Polandia, nasib lebih baik didapat Slovakia di grup E. Slovakia tampil sebagai pot keempat di Euro 2020, tetapi seperti prediksi banyak orang mereka tampil mencuri perhatian.

Sampai matchday kedua, Slovakia nangkring di posisi kedua dengan tiga poin tepat di bawah Swedia (4 poin). Slovakia bahkan mengangkangi Spanyol yang ada di posisi ketiga dengan dua poin.

Kemenangan atas Polandia di matchday pertama menjadi sangat krusial. Bahkan, mereka bisa saja kembali mendulang poin andai mampu menahan Swedia. Sayang, meski tampil lebih dominan, Slovakia kalah tipis 1-0.

Kini, kesempatan emas menanti mereka. Slovakia cuma butuh hasil imbang melawan Spanyol untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Euro 2020 atau yang pertama kali dalam sejarah.

Keberhasilan Slovakia ini tak terlepas dari komposisi skuad yang mereka miliki. Banyak orang lupa bahwa di tim ini bertengger nama-nama beken seperti Marek Hamsik, Milan Skriniar, sampai Juraj Kucka