Liga Indonesia

3 Klub Liga 1 yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Marc Klok

Kamis, 24 Juni 2021 15:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Cabut dari Persija Jakarta, tiga tim Liga 1 berpotensi menjadi pelabuhan Marc Klok selanjutnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Cabut dari Persija Jakarta, tiga tim Liga 1 berpotensi menjadi pelabuhan Marc Klok selanjutnya.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari klub Liga 1, Persija Jakarta. Tim Macan Kemayoran telah resmi mengumumkan perpisahan dengan gelandang naturalisasi, Marc Anthony Klok.

Kepastian berpisahnya Persija dengan Marc Klok diutarakan langsung oleh Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca. Baik manajemen Persija Jakarta maupun Marc Klok telah sepakat mengakhiri kontrak kerja sama.

"Persija dan Marc Klok secara resmi bersepakat mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu Klok tidak lagi menjadi bagian tim Persija per hari ini," ucap Prapanca.

Tentu kabar ini sangat mengejutkan. Terlebih kontrak Klok bersama Persija Jakarta masih tersisa panjang.

Klok didatangkan Persija Jakarta dari PSM Makassar tahun 2020 lalu. Saat itu pemain asal Belanda ini dikontrak panjang selama empat tahun.

Penampilan Marc Klok bersama Persija Jakarta terbilang impresif. Klok berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Menpora. Tak hanya itu dia juga menyabet gelar pemain terbaik di turnamen tersebut.

Marc Klok sendiri saat ini sudah berstatus sebagai pemain berpaspor Indonesia. Pemain kelahiran Belanda itu diyakini tak akan kesulitan menemukan klub baru di Liga 1 andai ia ingin tetap melanjutkan karier di Indonesia. Lalu, kira-kira tim Liga 1 mana saja yang cocok untuk jadi pelabuhan Marc Klok berikutnya?

1. Bali United

Bali United adalah satu dari sedikit tim Liga 1 yang dikelola dengan modern dan berjangka panjang. Bali United menjadi pelopor tim profesional di Indonesia yang memiliki standar tinggi dalam manajerial dan sarana prasarana.

Untuk itu, Bali United bisa dibilang sebagai tim yang mumpuni untuk karier seorang Marc Klok. Klok sendiri bukanlah pemain sembarangan.

Di Eropa ia tercatat pernah merumput di liga utama Bulgaria. Tak cuma itu, ia juga pernah berkarier di Liga Belanda.

Ditambah lagi, Bali United selama ini dikenal sebagai klub yang familier terhadap talenta-talenta Belanda. Serdadu Tridatu tercatat pernah diperkuat pemain-pemain Belanda seperti Nick van der Velden dan Melvin Platje.  

Bukan cuma itu, Bali United juga memiliki pemain-pemain naturalisasi yang sama seperti Marc Klok. Mereka adalah Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic.