Liga Indonesia

Liga 1: Jejak Panjang Pertemuan di Belanda, Melvin Platje Sambut Kedatangan Anco Jansen

Kamis, 24 Juni 2021 07:38 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© baliutd.com
Para pemain Bali United Fadil Sausu (kiri), Melvin Platje (tengah), dan Andhika Wijaya (kanan). Copyright: © baliutd.com
Para pemain Bali United Fadil Sausu (kiri), Melvin Platje (tengah), dan Andhika Wijaya (kanan).

INDOSPORT.COM - Winger Bali United, Melvin Platje menyambut positif kehadiran Anco Jansen di Liga 1 2021. Penyerang PSM Makassar itu disebutnya sebagai salah satu pemain berkualitas di Liga Belanda.

Melvin tak asing dengan sosok Anco Jansen. Keduanya tumbuh sebagai pemain berkualitas di Belanda pada periode yang sama. Keduanya sempat meramaikan persaingan di Eerste Divisie, sebelum bertemu di level teratas liga Belanda, Eredivisie.

Melvin dan Anco Jansen belum pernah satu klub. Keduanya selalu bertemu di lapangan dengan jersey yang berbeda. Pertemuan pada 19 September 2009 menjadi momen tak terlupakan. Itu menjadi salah satu laga di Eerste Divisie 2009/2010.

Dalam laga itu, Melvin berbaju Volendam. Sementara Anco Jansen jadi bagian tim Veendam. Keduanya sama-sama tak tergantikan di tim tersebut. Laga itu secara tak terduga dimenangi Veendam dengan skor 4-0.

Pada musim berikutnya, Melvin dan Anco Jansen masih membela klub yang sama. Keduanya sempat berhadapan sekali pada Eerste Divisie musim 2010/2011. Melvin mencetak satu gol untuk Volendam. Namun sayang, laga itu berakhir dengan skor 2-2.

Musim 2010/2011 menjadi momentum keduanya untuk naik ke Eredivisie. Pada musim 2011/2012, Melvin membela NEC Nijmegen. Sementara Anco Jansen berseragam De Graafschap.

Setelah dua momen di kasta kedua gagal mengalahkan tim Anco Jansen, akhir Melvin menang pada pertemuan di Eredivisie. Laga itu berkesudahan 2-0 untuk NEC. Keduanya sama-sama masuk lapangan sebagai pemain pengganti.

Melvin terbilang sangat sukses dalam dua musim di Eredivisie. Pada musim 2011/2012, Melvin mencetak enam gol dari 30 penampilan. Sementara pada musim 2012/2013, Melvin mencetak sembilan gol dari 33 penampilan.

Sementara Anco Jansen harus turun lagi ke Eerste Divisie karena De Graafschap terdegradasi. Tapi pada momen itu, Anco Jansen meraih sukses besar dengan catatan 21 gol dari 29 penampilan.

Keduanya kembali bertemu lagi pada musim 2014/2015. Melvin berseragam VVV Venlo sementara Anco Jansen berada di Roda JC. Kemudian, mereka bertemu lagi pada musim 2017/2018. Melvin bersama Telstar dan Anco Jansen ada di Emmen.

Teranyar, Melvin sempat bersua Anco Jansen di Eerste Divisie 2020/2021. Melvin jadi bagian De Graafschap sebagai pemain pinjaman. Sementara Anco Jansen menjadi pilar penting tim NAC Breda. Dalam laga ini, NAC menang 3-1.

Siapa sangka bahwa catatan pertemuan keduanya bisa bertambah lagi. Bukan di Belanda, melainkan di Indonesia. Anco Jansen mengikuti jejak Melvin Platje berkarir di Indonesia, dengan gabung PSM Makassar pada musim 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%