Liga Indonesia

Kisah Fernando Pamungkas Lolos Garuda Select Usai Kirim CV ke Dennis Wise

Rabu, 30 Juni 2021 14:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Garuda Select
Pemain muda Persebaya, Fernando Pamungkas. Copyright: © Garuda Select
Pemain muda Persebaya, Fernando Pamungkas.

INDOSPORT.COM - Ada kisah menarik yang mewarnai perjuangan Fernando Pamungkas, agar bisa membela skuat Garuda Select II.

Fernando Pamungkas merupakan gelandang jebolan SSB Sasana Bhakti yang tiba-tiba lolos program Garuda Select II, tahun lalu.

Padahal pada musim kedua lalu, seluruh pemain Garuda Select II diambil dari klub yang berlaga di Elite Pro Academy Liga 1.

Sebut saja Bagus Kahfi dari Barito Putera, Brylian Aldama dari Persebaya Surabaya, atau Rafli Asrul dari klub PSM Makassar.

Seluruh pemain mengikuti seleksi di Jakarta, sebelum akhirnya pemain terpilih berangkat ke Inggris dan Italia bersama Dennis Wise. Namun, Fernando Pamungkas memiliki kisah yang berbeda dari pemain lainnya.

"Kalau Garuda Select II semua pemainnya dari Elite Pro, saya beda dari yang lain," ujar pemain yang akrab disapa Nando tersebut.

"Ada satu pelatih yang ngasih CV saya ke Coach Dennis, terus ia tertarik sama saya, akhirnya saya dibawa ke Inggris untuk trial."

Meski harus trial di Eropa, namun Fernando cepat beradaptasi dengan lingkungan yang dingin, ia juga tak mengalami kendala saat bermain dengan seniornya, Bagus Kahfi dkk. 

"Trial tiga minggu, lama-lama saya disuruh bertahan di sana selama lima bulan, dan akhirnya sampai season III dipanggil lagi."

"Nggak nyangka saya bisa sampai ke Eropa, bermain sama pemain Timnas juga, Bagus, Brylian sama David Maulana, itu pengalaman berharga, melawan tim-tim besar di sana."