Bola Internasional

Euro 2020: Main di Akademi Chelsea, Anak Shevchenko Dukung Inggris?

Kamis, 1 Juli 2021 14:58 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Ross Parker/SNS Group via Getty Images
Andriy Shevchenko, pelatih Timnas Ukraina. Copyright: © Ross Parker/SNS Group via Getty Images
Andriy Shevchenko, pelatih Timnas Ukraina.

INDOSPORT.COM – Anak pelatih Timnas Ukraina di Euro 2020, Andriy Shevchenko, yakni Kristian yang bermain di akademi Chelsea, berpotensi pindah kewarganegaraan menjadi Inggris.

Kristian Shevchenko akan berusia 14 tahun pada bulan November nanti dan sedang menimba ilmu sepak bolanya di akademi mantan klub sang ayah di Inggris, yakni Chesea.

Kristian lahir dan besar di Kota London, basis kota Chelsea di mana saat kelahirannya ke bumi, Andriy Shevchenko kebetulan mencetak gol ke gawang Watford pada tahun 2006 menandainya dengan selebrasi menggendong bayi ditemani tandemnya saat itu, Didier Drogba.

© The Sun
Andriy Shevchenko bersama anaknya Kristian Shevchenko yang bermain di akademi Chelsea. Copyright: The SunAndriy Shevchenko bersama anaknya Kristian Shevchenko yang bermain di akademi Chelsea.

Lahir, besar dan mengenyam pendidikan di Negeri Ratu Elizabeth membuat Kristian Shevchenko sejatinya bisa pindah kewarganegaraan dari Ukraina menjadi berkebangsaan Inggris.

Ia pun juga punya hak untuk membela Timnas Inggris melawan Timnas Ukraina yang dilatih sang ayah dalam pertandingan babak perempatfinal Euro 2020. Namun yang terjadi adalah Kristian tetap mendukung negara leluhurnya, yakni Ukraina.

“Anak kedua saya, Kristian berlatih di Akademi Chelsea, ini adalah sekolah sepak bola yang bagus yang telah melahirkan banyak pemain berbakat,” papar Shevchenko dilansir dari TheSun.

Selain bisa memilih untuk berkebangsaan Ukraina atau Inggris, Kristian Shevchenko juga berada dalam pilihan di dua negara lainnya, yakni Polandia atau Amerika Serikat mengikuti garis keturunan ibunya, Kristen Pazik.

Berada dalam empat pilihan itu, Andriy Shevchenko sepertinya belum membuat keputusan untuk sang anak.

“Saya kalau ada diposisi seperti itu pasti senang, tapi nanti biar kami akan membuat pembicaraan lebih lanjut,” ujar Shevchenko.

Andriy Shevchenko pernah perkuat Chelsea dari tahun 2006 hingga 2007. Meski terbilang gagal bersama klub London Barat, namun setidaknya ia cukup berperan daam memberikan gelar Piala FA dan Piala Liga Inggris untuk The Blues di awal kedatangannya.