Bola Internasional

Euro 2020: Lawan Ukraina, Southgate Paksa Inggris Jangan Jemawa

Jumat, 2 Juli 2021 07:53 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Pelatih Timnas Inggris di Euro 2020, Gareth Southgate. Copyright: © Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Pelatih Timnas Inggris di Euro 2020, Gareth Southgate.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate meminta timnya agar tetap membumi jelang lawan Ukraina di babak perempatfinal Euro 2020.

Skuat Inggris saat ini di atas angin, setelah mereka berhasil mengalahkan tim favorit juara, Jerman di babak 16 besar dengan skor meyakinkan 2-0 melalui gol Raheem Sterling dan Harry Kane.

Kemenangan ini membuat mereka tiada henti mendapat pujian dan difavoritkan menjadi juara Euro 2020, termasuk bisa mengalahkan Ukraina.

Meski demikian, Southgate meminta agar tim besutannya tidak jemawa dan harus bisa mempertahankan keunggulan yang mereka miliki sejak fase grup hingga babak 16 besar.

“Ada beberapa dukungan dari orang yang saya hormati dari mantan rekan di Inggris dan mantan pemain internasional lainnya, pesannya bagus, dukungannya juga bagus buat kami, tapi juga bisa berbahaya karena bisa mengambil momentum ini dari Anda,” imbuh Gareth Southgate dalam Podcast Official England.

“Saya katakan ke para pemain di pagi ini, jika ini adalah tantangan yang luar biasa buat kami. Jadi tugas kami sekarang adalah tetap fokus mempertahankan keunggulan ini dan menjaga kondisi agar tetap prima pada Sabtu nanti,” tambahnya.

“Kami sudah melihat pertandingan Ukraina sejak tahun lalu hingga sekarang, jadi sudah jelas sekarang kami harus mempersiapkan mental agar bisa menjalankan pertandingan dengan cara yang tepat,” tutup Southgate.

Meski mendapat banyak pujian dan lebih diunggulkan, Southgate tampaknya sadar betul jika melawan Ukraina bukanlah perkara mudah meski di atas kertas mereka memiliki pemain yang jauh lebih berkualitas.

Terlebih, di Euro 2020 ini sudah cukup banyak tim non unggulan yang berhasil mengalahkan tim unggulan dan ia pun tak mau nasibnya serupa di babak perempatfinal ini.