Bola Internasional

Antar Timnas Spanyol Menang Adu Penalti, Unai Simon Dipuji Habis

Sabtu, 3 Juli 2021 16:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Unai Simon,kiper timnas Spanyol. Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Unai Simon,kiper timnas Spanyol.

INDOSPORT.COM - Performa ciamik dari Unai Simon kala mengawal gawang Spanyol dalam laga berujung adu penalti melawan Swiss di perempat final Euro 2020 membuatnya banjir pujian. Kiper 24 tahun itu disebut punya mental bak baja mengingat momen-momennya sejauh ini.

Simon jadi kunci kelolosan Spanyol ke babak semi final usai mengagalkan eksekusi dua algojo Swiss, Fabian Schar dan Manuel Akanji. Alhasil La Furia Roja menang dengan skor 1-3 dan berhak berjumpa dengan Italia.

Display apik dari penjaga gawang asal Athletic Bilbao ini sedikit mengejutkan mengingat beberapa hari sebelumnya melawan Kroasia ia membuat kesalaham fatal. Spanyol nyaris terhenti di fase 16 besar usai Simon gagal mengkontrol bola operan Pedri sehingga justru masuk ke gawangnya sendiri.

Beruntung bagi Simon dan juga Spanyol, laga kemudian bisa dimenangkan dengan skor 5-3. Sang kiper pun bisa memumpuk rasa percaya diri lagi dan dianugerahi predikat pemain terbaik usai game melawan Swiss.

"Mental Simon benar-benar kuat. Apa yang terjadi padanya saat bertemu Kroasia adalah sebuah ketidakberuntungan. Setelah itu ia bangkit dan semoga terus demikian," papar gelandang Spanyol, Koke, pada Goal.

"Blunder dan kesalah membuat kami makin kompak dan memperbaiki diri. Anda bisa lihat jika tim ini kokoh dan siap menang," pungkas penggawa Atletico Madrid itu.