Bola Internasional

Gugur di Euro 2020, Berakhir Sudah Masa Keemasan Timnas Belgia

Sabtu, 3 Juli 2021 13:50 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Matthias Hangst/Getty Images
Para pemain Belgia terlihat sedih setelah kalah pertandingan perempat final Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Belgia dan Italia. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Para pemain Belgia terlihat sedih setelah kalah pertandingan perempat final Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Belgia dan Italia.

INDOSPORT.COM – Dengan selesainya perjalanan mereka di Euro 2020, maka selesai sudah masa keemasan Timnas Belgia di kancah internasional.

Timnas berjuluk The Red Devils itu dipaksa menyerah dengan skor 1-2 oleh Timnas Italia di babak perempatfinal Euro 2020.

Gol Timnas Italia dikemas oleh Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne, sedangkan satu-satunya gol balasan Belgia diciptakan oleh Romelu Lukaku melalui titik putih alias penalti.

Generasi emas dari Timnas Belgia tak mampu melanjutkan kesuksesan mereka saat berhasil masuk ke semifinal Piala Dunia 2018 lalu.

Meski demikian, generasi emas Timnas Belgia bisa sedikit berbangga karena setidaknya mampu menjadi juara tiga dunia.

Walaupun hanya juara tiga, tentu mereka tak perlu risau karena minimal mereka berhasil mendapatkan prestasi daripada tidak sama sekali di saat sedang berada dalam masa keemasan.

© Alex Grimm - UEFA/UEFA via Getty Images
Romelu Lukaku dari Belgia merayakan dengan Jeremy Doku dan Youri Tielemans usai mencetak gol pertama timnya. Copyright: Alex Grimm - UEFA/UEFA via Getty ImagesRomelu Lukaku dari Belgia merayakan dengan Jeremy Doku dan Youri Tielemans usai mencetak gol pertama timnya.

Tentu butuh waktu yang sangat lama untuk bisa kembali menemukan tim emas seperti yang mereka dapatkan sejak 10 tahun terakhir atau tepatnya di awal tahun 2010an tersebut.

Ya, sejak awal tahun 2010an, dunia sepak bola dihebohkan dengan banyaknya bintang muda Belgia yang diyakini bakal menjadi bintang masa depan.

Sebut saja nama-nama seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin Mirallas, dan masih banyak lagi.

© Stuart Franklin/Getty Images
Kevin De Bruyne bersama dengan Eden Hazard dan Axel Witsel merayakan gol kedua yang dicetak Belgia ke gawang Denmark pada laga Grup B Euro 2020, Jumat (17/06/21) dini hari WIB. Copyright: Stuart Franklin/Getty ImagesKevin De Bruyne bersama dengan Eden Hazard dan Axel Witsel merayakan gol kedua yang dicetak Belgia ke gawang Denmark pada laga Grup B Euro 2020, Jumat (17/06/21) dini hari WIB.

Jangan lupakan dua nama bintang Belgia yang lebih dulu bersinar, yakni Marouane Fellaini dan pemain berdarah Batak, Radja Nainggolan.

Awalnya, nama-nama pemain muda di atas sempat diragukan dan dianggap hanya sekitar beberapa musim saja bakal bersinar.

Namun faktanya, mereka benar-benar mampu menunjukkan magisnya di dunia sepak bola, di tambah kehadiran dua pemain bertahan serba bisa, yakni Jan Verthongen dan Toby Aderweireld yang mampu menjadi bek tengah dan bek sayap.

Semua menunjukkan sinarnya bersama klubnya masing-masing, yang paling terlihat jelas mungkin Eden Hazard dan Thibaut Courtois saat memberikan banyak gelar untuk Chelsea, kedua Kevin De Bruyne bersama Man City.

Sisanya, meski jarang mendapatkan gelar dalam kariernya, namun nama lain seperti Lukaku, Verthongen, dan Aderweireld tetap menunjukkan permainan mereka yang impresif.

Saat digabungkan dalam Timnas Belgia, mereka pun bisa bersatu dengan baik, yang juga ditambah pemain berkualitas lainnya meski namanya kalah mengkilap seperti Yannick Carrasco, Thorgan Hazard, dan Dries Mertens.