Bola Internasional

Ketika Tim Amerika Utara, Meksiko Hampir Menjuarai Copa America

Sabtu, 3 Juli 2021 16:52 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Meksiko keluar sebagai juara Piala Emas Concacaf 2019 Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Meksiko keluar sebagai juara Piala Emas Concacaf 2019

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali kala Meksiko, yang masuk dalam area CONCACAF atau area Amerika Utara, Tengah dan Karibia, hampir menjuarai Copa America milik CONMEBOL atau area Amerika Selatan.

Copa America 2021 menjadi salah satu ajang sepak bola terakbar di musim panas 2021 bersamaan dengan digelarnya Euro 2020.

Meski kalah gaungnya dari Euro, Copa America tahun ini tetap menarik untuk disimak mengingat banyaknya pemain bertalenta dari Amerika Selatan yang berpartisipasi.

Dari Lionel Messi di Argentina, Neymar dari Brasil, Edinson Cavani dan Luis Suarez dari Uruguay, tampil memeriahkan ajang dua tahunan tersebut.

Umumnya Copa America diikuti oleh negara-negara Amerika Selatan atau Amerika Latin. Namun, karena minimnya negara di area tersebut, CONMEBOL selaku konfederasi sepak bola area Amerika Selatan ingin mengundang negara lain untuk berpartisipasi.

Saat ini tercatat hanya 10 negara saja yang tergabung di CONMEBOL dan otomatis berpartisipasi di Copa America. Karena minimnya peserta, CONMEBOL sempat memiliki ide untuk mengundang negara lain agar jumlah partisipan menjadi 12.

Tim yang pernah berpartisipasi pun berasal dari konfederasi lain seperti Meksiko, Amerika Serikat (CONCACAF), Qatar, dan Jepang (AFC).

Bahkan karena pernah mengajak negara lain berpartisipasi, hampir saja Piala Copa America dijuarai oleh negara non CONMEBOL yakni Meksiko.

Bagaimana kisahnya hingga gelar Copa America hampir dimenangi Meksiko yang notabene bukan masuk bagian CONMEBOL atau Amerika Latin?