In-depth

3 Duel Kunci Paling Menentukan di Semifinal Euro 2020 Italia vs Spanyol

Selasa, 6 Juli 2021 05:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Jelang laga seru semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol, berikut tiga duel paling menentukan yang bisa mengubah jalannya pertandingan. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Jelang laga seru semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol, berikut tiga duel paling menentukan yang bisa mengubah jalannya pertandingan.

INDOSPORT.COM - Jelang laga seru semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol, berikut tiga duel paling menentukan yang bisa mengubah jalannya pertandingan.

Italia dan Spanyol akan bertemu di babak semifinal Euro 2020 pada Rabu (07/07/21) dini hari WIB.

Partai ini merupakan salah satu rivalitas tertua sepanjang sejarah sepak bola eropa yang tentu sayang untuk dilewatkan. Reputasi pun jadi hal prestisius yang dipertaruhkan.

Pasalnya, dari total 37 pertemuan, Italia dan Spanyol mencetak rekor sama persis yakni masing-masing menang 11 kali. Sementara itu, sisanya berakhir imbang 15 kali.

Lewat angka saja sudah terlihat jelas seperti apa ketatnya persaingan dua tim papan atas dunia ini. Apalagi ketika berbicara soal kekuatan skuatnya? Tentu saja tidak jauh berbeda.

Meski begitu, Timnas Italia saat ini bisa dibilang sedang dalam tren apik di bawah asuhan Roberto Mancini. Yang lebih mengerikannya lagi, Azzurri belum pernah kalah selama gelaran Euro 2020 berlangsung.

Setelah memenangkan seluruh laga Grup A Euro 2020, Italia pun tercatat sudah bermain selama 1.000 menit tanpa kebobolan, sebelum akhirnya dipaksa Austria bermain sampai extra time di fase 16 besar.

Skuat asuhan Roberto Mancini pun punya peluang besar, dan pastinya difavoritkan, untuk meraih trofi Piala Eropa kali ini, setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 1968 di negara sendiri sebagai tuan rumah.

Di sisi lain, Timnas Spanyol mengalami performa yang naik turun bersama Luis Enrique. Jalan mereka menuju semifinal Euro 2020 seperti berkelok-kelok dan dipenuhi kerikil tajam.

Inkonsistensi adalah PR besar yang harus segera mereka tangani, apalagi ketika sudah berhasil melaju sejauh ini. Terakhir kali, La Roja malah dipaksa memainkan adu penalti saat melawan Swiss di perempat final.

Namun beruntung tim ini memiliki kiper seperti Unai Simon yang menjelma sebagai idola di Euro 2020 setelah menyelamatkan bola dari Fabian Schar dan Manuel Akanji.

Pertandingan antara dua tim bertabur bintang ini pun akan ditentukan oleh kemampuan sejumlah pemain mereka. Berikut ini kami rangkum tiga duel kunci paling menentukan di laga Italia vs Spanyol.

1. Alvaro Morata vs Giorgio Chiellini

© Kirill Kudryavstevl/Getty Images)
Duel pemain Timnas Swiss dan pemain Spanyol Álvaro Morata. Copyright: Kirill Kudryavstevl/Getty Images)Duel pemain Timnas Swiss dan pemain Spanyol Álvaro Morata.

Duel kunci pertama di laga ini adalah pertarungan antara Alvaro Morata (Spanyol) dengan Giorgio Chiellini (Italia). Keduanya akan berjibaku di pertahanan Italia.

Meski tampil angin-anginan, pelatih Luis Enrique masih percaya kepada magis Alvaro Morata. Pemain milik Atletico Madrid ini pun sudah mencetak dua gol di Euro 2020.

Morata menjadi kunci kemenangan Spanyol karena dialah ujung tombak tim. Dalam gelaran Euro 2020 ini, Spanyol begitu banyak menciptakan peluang.

Sayang, buruknya penyelesaian akhir Morata membuat La Furia Roja tertatih-tatih di fase grup.

Namun, Morata membayarnya dengan mencetak gol ke gawang Polandia di 16 besar dan Kroasia di perempatfinal.

Dalam laga melawan Italia, Morata pun kembali diharapkan tampil tajam. Meski begitu, tugasnya tidak akan mudah.

Sebab lawan kali ini adalah seorang bek veteran selevel Giorgio Chiellini. Chiellini menjadi salah satu pemain kunci dalam kemenangan Italia atas Spanyol.

Ia sukses meredam Romelu Lukaku hingga gagal mencetak lebih dari satu gol. Hal yang sama pun bakal dilakukan oleh Chiellini kepada Morata.

Keberhasilan dari serangan-serangan dominan Spanyol akan bergantung dari kemampuan Alvaro Morata untuk menaklukkan Giorgio Chiellini di lini belakang Gli Azzurri.