Bola Internasional

Sean Klaiber, Naturalisasi Baru Timnas Suriname Jebolan Liga Eredivise Belanda

Selasa, 6 Juli 2021 14:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Gerrit van Keulen/BSR Agency/Getty Images
Sean Klaiber, Naturalisasi Baru Suriname Jebolan Ajax Copyright: © Gerrit van Keulen/BSR Agency/Getty Images
Sean Klaiber, Naturalisasi Baru Suriname Jebolan Ajax

INDOSPORT.COM – Mengenal Sean Klaiber, salah satu pemain naturalisasi baru milik Timnas Suriname jebolan Liga Eredivise Belanda yang tak pernah mentas di kompetisi lokal SVB Eerste Divisie.

Isu soal naturalisasi sendiri sejatinya jadi pembahasan cukup hangat di persepakbolaan Indonesia belakangan ini.

Khususnya pasca Menpora, Zainudin Amali, menyatakan tidak ada urgensi untuk melakukan naturalisasi. Dia menyoroti prestasi minim yang ditorehkan timnas Indonesia, meski menggunakan pemain 'asing'.

Menpora Zainudin bahkan menyatakan, para pemain naturalisasi tidak berjiwa patriotisme dan nasionalisme yang membara layaknya pemain lokal.

Di dunia sepak bola internasional, proram naturalisasi bukan lagi hal yang aneh. Bahkan, sudah cukup banyak negara yang sukses akibat menggunakan pemain keturunan atau bintang naturalisasi dalam skuad mereka.

Di benua Asia misalnya, Filipina yang banyak menggunakan pemain keturunan berhasil melesat ke ranking 125 FIFA, berbeda jauh dengan Indonesia yang bertahan di urutan 173 FIFA.

Teranyar, ada Suriname yang melakukan naturalisasi satu pemain keturunan untuk bisa memperkuat timnas mereka.

Melansir dari laman ESPN, disebutkan bahwa Sean Klaiber yang kini berkarier bersama Ajax Amsterdam, memilih karier internasional bersama Suriname.

Tak berselang lama, federasi Suriname juga langsung mengumumkan kabar cukup mengejutkan itu.

Dari data Transfermakt diketahui, bahwa Klaiber yang masih berusia 26 tahun itu lahir di Nieuwegein, Belanda tetapi ia memiliki darah Suriname melalui orang tuanya.

Pada tahun 2018 silam, Klaiber sempat mengumumkan bahwa ia ingin bermain penuh untuk tim nasional Belanda, namun dengan persaingan yang sangat ketat membuatnya menyerah untuk memperkuat The Oranje.

Walau sudah resmi jadi warga negara Suriname, namun Sean Klaiber pernah memainkan pertandingan internasional bersama tim nasional Belanda.

Tercatat, Sean Klaiber sempat dua kali tampil bersama Timnas Belanda U-20 pada 2013, serta Belanda U-21 pada 2015.

Meski begitu, jebolan FC Utrecht ini masih bisa memperkuat Timnas Suriname lantaran caps Belanda yang ia buat hanya pada level senior.

Sean Klaiber mungkin sudah bisa melakukan debutnya pada 13 Juli, saat gelaran Piala Emas dimulai. Nantinya, ia akan membantu Suriname berjuang di babak penyisihan grup bersama Kosta Rika dan Jamaika.