In-depth

Jordan Pickford: Dibenci Fans Liverpool, Dipuja Seantero Inggris

Kamis, 8 Juli 2021 13:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Lars Baron/Getty Images
Jordan Pickford, kiper Timnas Inggris. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Jordan Pickford, kiper Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM – Melihat kisah perjalanan kiper Everton, Jordan Pickford yang sempat dibenci seluruh fans Liverpool namun kini jadi pujaan warga Inggris sepanjang gelaran Euro 2020.

Pada ajang Euro 2020, penampilan Jordan Pickford yang dipercaya sebagai penjaga gawang nomor satu Inggris memang berhasil menuai decak kagum.

Teranyar, pemain berusia 26 tahun itu mampu membawa The Three Lions lolos ke fase puncak Euro 2020 usai menumbangkan Denmark dengan skor tipis 2-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Wembley pada Kamis (08/07/21) dini hari WIB tersebut, Jordan Pickford sukses catatkan dua penyelamatan penting yang membuat Inggris bisa mempertahankan keunggulan.

Meski kebobolan satu gol, namun sosok Jordan Pickford tetap dianggap bintang bagi fans Inggris saat ini. Pasalnya, eks Sunderland tersebut jadi satu-satunya penjaga gawang yang paling sedikit kebobolan di ajang Euro 2020.

Melansir dari laman Opta, disebutkan bahwa Jordan Pickford telah memainkan tujuh pertandingan di Euro 2020 dan sejauh ini baru kebobolan satu gol saat hadapi Denmark.

Dengan catatan tersebut, membuat Jordan Pickford telah mencetak rekor baru sebagai kiper Inggris dengan menit terbanyak tanpa kebobolan.

Tercatat, terakhir kali Jordan Pickford kebobolan adalah 15 November 2021 silam saat Inggris menghadapi Belgia di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Sisanya, dalam tujuh pertandingan beruntun plus 30 menit saat hadapi Denmark, Jordan Pickford belum pernah lagi kebobolan.

Jika di total, dirinya sudah 750 menit menjaga keperawanan gawang Inggris. Durasi waktu tersebut mampu lewati 720 menit yang dibuat Gordon Banks saat jadi kiper Inggris pada 1966 silam.

Tak cuma statistik clean sheets yang buat publik Inggris sangat mengagungkan Jordan Pickford. Statistik lain dari sang pemain selama gelaran Euro 2020 juga jadi alasan.

Total dari 7 pertandingan, Pickford lakukan 10 kali saves dari total 11 tembakan yang ia terima. Artinya, tingkat penyelamatan Pickford di bawah mistar gawang selama Euro 2020 mencapai 90.9 persen.

Andai di partai final nanti Jordan Pickford bisa menjaga gawangnya tidak kebobolan lebih dari satu gol, bisa dipastikan para warga Inggris semakin menyerukan namanya usai turnamen.

Pasalnya, dengan kebobolan maksimal satu gol dapat membuat Jordan Pickford keluar sebagai peraih Golden Gloves Euro 2020.

Sejauh ini, pesaing utama Jordan Pickford adalah Gianluigi Donnarumma. Kiper Italia tersebut baru kebobolan tiga kali sepanjang turnamen, namun Pickford lebih unggul dari hal clean sheets.