Bola Internasional

4 Pemain yang Jadi Kandidat Terkuat Raih Ballon d'Or 2021

Selasa, 13 Juli 2021 14:24 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Ballon d'Or. Copyright: © Getty Images
Ballon d'Or.

INDOSPORT.COM - Setelah gelaran kompetisi liga-liga top Eropa dan juga turnamen antar negara Eropa, Euro 2020 selesai, kini dunia sepak bola tengah diramaikan dengan isu calon peraih Ballon d'Or 2021.

Tahun lalu penghargaan ini ditiadakan lantaran banyak event sepak bola yang tidak tuntas akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Padahal terdapat sejumlah pemain yang dinilai layak untuk meraihnya, salah satunya adalah Robert Lewandowski yang sukses membawa Bayern Munchen meraih enam gelar dalam satu musim kalender.

Tahun ini France Football, organisasi media yang memberikan penghargaan tersebut, kemungkinan besar akan kembali mengadakannya.

Sebagai informasi, Ballon d'Or adalah penghargaan bergengsi insan sepak bola di Eropa untuk diberikan bagi mereka yang meraih sukses bersama klub maupun negaranya.

Namun penghargaan ini berbeda dengan milik FIFA, sehingga peraih Ballon d'Or tidak serta merta bisa dinobatkan menjadi pemain terbaik dunia.

Hal itu pernah terjadi beberapa kali salah satunya pada tahun 2004. Andriy Shevchenko meraih Ballon d'Or, namun FIFA mengumumkan pemain terbaik dunia versi mereka adalah Ronaldinho.

Keputusan berbeda tersebut kerap menimbulkan pro kontra, sehingga akhirnya France Football dan FIFA bekerja sama pada tahun 2010 dengan nama FIFA Ballon d'Or.

Akan tetapi sinergi ini tidak berlangsung lama, dan berakhir pada tahun 2015 tepatnya ketika Presiden FIFA berganti kepemimpinan dari Sepp Blater ke tangan Gianni Infantino.

Pada tahun 2016, FIFA memiliki penghargaan sendiri bernama FIFA The Best Award untuk menobatkan seorang pemain terbaik dunia.

Dalam sejarahnya, Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak mengoleksi Ballon d'Or dengan enam trofi, disusul oleh Cristiano Ronaldo dengan lima trofi.

Lantas siapa pemain yang layak meraih Ballon d'Or tahun ini? berikut ulasannya dilansir dari Marca.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
4%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
27%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
9%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
4%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%