Bola Internasional

Chelsea dan Arsenal 'Menciptakan' Derby di Ghana, Kok Bisa?

Selasa, 13 Juli 2021 12:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo dua tim Ghana, Berekum Chelsea dan Berekum Arsenal. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo dua tim Ghana, Berekum Chelsea dan Berekum Arsenal.

INDOSPORT.COM – Chelsea dan Arsenal nyatanya tak hanya ada di Inggris aja melainkan juga ada Liga Ghana yang diwakili Berekum Chelsea dan Berekum Arsenal.

Afrika menjadi salah satu benua yang gila bola. Dengan perkembangan sepak bola di Eropa saat ini, tak ayal banyak tim mengikuti atau bahkan meniru citra klub sukses Eropa.

Salah satunya adalah klub yang berasal dari Berekum, Ghana. Di daerah yang merupakan ibu kota Bono tersebut, terdapat dua klub lokal bernama Berekum Chelsea dan Berekmum Arsenal.

Sekilas, dua nama tersebut memiliki kemiripan dengan klub Liga Inggris, Chelsea dan Arsenal. Dan benar saja, sejarah dua klub asal Berekum ini memang ketal dengan dua raksasa London tersebut.

Karena berasal dari kota yang sama yakni Berekum, kedua tim pun seolah-olah menjalani derbi khas London yang dikenalkan Chelsea dan Arsenal saat bertemu

Lalu, bagaimana dengan asal mula sejarah kedua tim tersebut? Berikut INDOSPORT rangkum dalam profil di bawah ini.

Berekum Chelsea

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo Berekum Chelsea. Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.comLogo Berekum Chelsea.

Berekum Chelsea sendiri lahir pada 2004 silam, setahun setelah Roman Abramovich mengakuisisi Chelsea  dari tangan Ken Bates.

Berekum Chelsea mengambil nama Chelsea karena sang pemilik, Emmanuel Kyeremeh, yang tak lain fans The Blues kala itu.

Ia pun menyadur nama Chelsea untuk klub Berekum di bawah arahannya karena saat itu The Blues juga baru mendatangkan Michael Essien, bintang sepak bola Ghana, dari Olympique Lyon.

Penamaan Chelsea di belakang Berekum tak lepas dari harapan Kyeremeh agar tim yang ia miliki bisa mengikuti jejak kesuksesan The Blues.

Dan benar saja, Berekum Chelsea yang tadinya klub amatir, mampu berbicara banyak dalam waktu 4 tahun saja sejak berdiri.

Tak tanggung-tanggung, Berekum Chelsea bisa bermain di Liga Primer Ghana dan pernah tampil di Liga Champions Afrika.

Kemiripan Berekum Chelsea dengan Chelsea yang asli pun terlihat dari logo tim yang mengambil warna biru dan lingkaran. Perbedaan hanya ada pada simbol yang dipakai yakni elang dengan bola ketimbang singa khas The Blues.

Selain itu, Kyeremeh juga dianggap Abramovich-nya masyarakat Ghana mengingat kekayaannya. Kini, Kyeremeh sendiri tak lagi memimpin Berekum Chelsea dan telah digantikan Obed Nana Kwameh Nketiah sejak 2013.