In-depth

Roberto Mancini: Si Pemutus Puasa Gelar dari Italia

Selasa, 13 Juli 2021 16:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Claudio Villa/Getty Images
Roberto Mancini, pelatih Italia. Copyright: © Claudio Villa/Getty Images
Roberto Mancini, pelatih Italia.

INDOSPORT.COM – Roberto Mancini membuktikan bahwa dirinya penghapus kutukan puasa gelar usai membawa Italia menjuarai Euro 2020.

Gelaran Euro 2020 telah berakhir pada Senin (12/07/21) di mana Italia keluar sebagai kampiun dan berhak merebut trofi yang dinamai Henry Delaunay tersebut.

Italia dipastikan menjadi juara usai mengandaskan perlawanan tuan rumah laga final, Inggris, lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Di waktu normal, Inggris menjadi tim pertama yang mencetak gol di menit ke-2 lewat Luke Shaw. Sedangkan Italia baru bisa membalasnya pada menit ke-67 lewat Leonardo Bonucci.

Keberhasilan Italia mengalahkan Inggris menjadikan Gli Azzurri untuk kedua kalinya memenangi Euro dan mengangkat trofi Henri Delaunay setelah sebelumnya terjadi pada 1968.

Italia pun menambah gelaran trofi internasionalnya menjadi enam, hanya kalah satu gelar saja dari Jerman yang mampu memenangi tujuh gelar.

Dengan keberhasilan Italia menjuarai Euro dalam dua edisi yakni edisi 1968 dan 2020, maka Gli Azzurri menjadi negara kedua yang paling banyak meraih trofi Henri Delaunay tersebut dan hanya kalah dari Jerman serta Spanyol yang mengoleksi tiga gelar.

Keberhasilan Italia meraih gelar Euro pertamanya sejak 53 tahun silam pun kian memperpanjang status Mancini sebagai pemutus puasa gelar tim yang ia bela baik sebagai pemain dan pelatih.

Berikut INDOSPORT rangkum catatan Roberto Mancini sebagai pemutus gelar di tim yang ia bela dan tukangi.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%