Bola Internasional

Termasuk Digigit Buaya, Ini 4 Hal Tak Biasa dalam Karier Arjen Robben

Jumat, 16 Juli 2021 17:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© TF-Images/GettyImages
Arjen Robben kembali umumkan pensiun dari sepak bola. Copyright: © TF-Images/GettyImages
Arjen Robben kembali umumkan pensiun dari sepak bola.

INDOSPORT.COM - Legenda Bayern Munchen dan Timnas Belanda, Arjen Robben, kembali mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola.

Ini adalah kali kedua bagi pria berusia 37 tahun tersebut mengumumkan gantung sepatu. Sebelumnya, ia sudah memutuskan pensiun pada Juli 2019 saat meninggalkan Die Roten.

Akan tetapi, nampaknya naluri bermain masih mengalir deras di pembuluh darah Arjen Robben. Tak lama berselang, tepatnya pada Juni 2020, ia kembali ke lapangan dengan membela mantan klubnya, Groningen.

Keputusan untuk kembali ke Groningen tentu tak lepas dari fakta bahwa klub tersebut merupakan pelabuhan perdana Robben untuk karier profesionalnya.  

Sayangnya, sepak terjang Robben di Groningen setelah pensiun bisa dibilang tak terlalu mentereng. Ia harus berkutat dengan cedera dan sempat absen berbulan-bulan sebelum melakukan comeback pada April 2021.

Kini, Robben pun kembali memilih mundur dari dunia sepak bola sebagai pemain aktif. Pengumuman tersebut ia sampaikan lewat akun media sosialnya.

“Teman-teman sepak bola sekalian, saya telah memutuskan mengakhiri karier sepak bola saya. Benar-benar pilihan yang sulit,” ujar Robben dalam keterangan unggahannya di jejaring sosial Twitter.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua yang sudah memberi dukungan hangat untuk saya,” tambahnya lagi sambil menyematkan foto surat terbukanya.

Selama berkarier di dunia sepak bola, banyak hal yang sudah dilalui seorang Arjen Robben, termasuk imejnya sebagai tukang diving jempolan.

Bahkan, saking lekatnya imej tersebut, sejuta kebaikan dan sisi positif dalam dirinya sering terabaikan. Akan tetapi, diving hanya satu dari sekian hal yang mewarnai karier mantan pemain PSV, Chelsea, dan Real Madrid itu.

Nah, guna mengingat kembali sepak terjang Robben selama jadi pesepak bola aktif, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT telah merangkum beberapa fakta maupun peristiwa yang pernah menghiasi hari-hari sosok bintang yang satu ini.

Kanker

Seperti halnya manusia biasa yang bisa terkena penyakit, Arjen Robben juga sempat berkutat dengan masalah kesehatan ketika masih muda, yakni mengalami benjolan di testis kirinya.

Sampai akhirnya, ia dinyatakan mengidap kanker testikal. Meski diliputi rasa takut, pada waktu itu ia sama sekali tak memikirkan sepak bola, karena yang ada di benaknya hanyalah mencari cara untuk sembuh.

Untungnya, setelah menjalani serangkaian penyembuhan, Robben bisa merumput lagi bersama Chelsea untuk musim 2004-2005.