Liga Indonesia

Asisten Pelatih Bali United Ungkap Alasan di Balik Ramainya Pemain Brasil ke Indonesia

Minggu, 18 Juli 2021 23:03 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Bali United
Asisten pelatih Bali United, Antonio Claudio menilai ada banyak faktor yang membuat Indonesia menjadi daya tarik pemain Brasil dalam berkarier. Copyright: © Bali United
Asisten pelatih Bali United, Antonio Claudio menilai ada banyak faktor yang membuat Indonesia menjadi daya tarik pemain Brasil dalam berkarier.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Bali United, Antonio Claudio menilai ada banyak faktor yang membuat Indonesia menjadi daya tarik pemain Brasil dalam berkarier.

Selain kualitas klub yang terus berkembang, cuaca Indonesia pun dinilai tak jauh beda dengan Brasil. Warga Indonesia juga ramah ketika menerima kedatangan pemain luar negeri.

Antonio Claudio menjadi salah satu dari awal gelombang kedatangan pemain Brasil ke Indonesia. Dia menjadi bagian dari Persija pada 2001 lalu.

Setelah dari Persija, Toyo, sapaan akrabnya, bergabung dengan Semen Padang, Persib Bandung, Persibom Bolaang Mongondow hingga Persih Tembilahan.

Kala itu, jumlah pemain Brasil masih kalah dari negara-negara Afrika. Namun kini, Brasil sangat dominan. Dari 18 kontestan Liga 1, 16 klub di antaranya memiliki minimal satu pemain Brasil.

PSIS Semarang dan Madura United bahkan memiliki tiga pemain asal Brasil. Jika ditotal, ada 28 pemain asal Brasil yang diikat klub Indonesia untuk Liga 1 2021.

Antonio Claudio pun buka-bukaan terkait fenomena ini. Baginya, sepak bola Indonesia terus berkembang hingga memikat pemain Brasil untuk berkarier.

"Yang saya rasakan, selain kualitas pemain dan tim yang terus berkembang, juga sikap orang Indonesia yang ramah terhadap pendatang," ucap Toyo.

Tak melulu soal sepak bola, Toyo juga berbicara faktor lain yang membuat orang Brasil sepertinya bisa tinggal lama di Indonesia.

"Cuaca dan alam Indonesia yang hampir sama dengan Brasil juga menjadi salah satu alasan banyaknya pemain Brasil yang suka atau bahkan betah di Indonesia," tuturnya.