Liga Indonesia

Selain Latihan Individu, Gelandang Persib Ini Kelola Beberapa Bisnis

Jumat, 23 Juli 2021 06:21 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang tim Persib Bandung, Dedi Kusnandar ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, belum lama ini. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang tim Persib Bandung, Dedi Kusnandar ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, belum lama ini.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, mengaku memiliki beberapa kegiatan di sela-sela kesibukannya menjalankan program latihan individu.

Menurut pemain yang akrab disapa Dado ini, selain berkumpul bersama keluarga ia juga masih mengelola beberapa bisnis yang sudah dijalankan sejak beberapa waktu lalu.

Dado menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 ada dua bisnis yang dikelolanya, yakni laundry dan busana muslim. Sedangkan usaha kuliner yang sebelumnya dijalankan olehnya, terpaksa tutup sejak tahun lalu, karena terdampak pandemi.

"Selain itu, masih seperti biasa mengurus bisnis laundry dan buka usaha busana muslim/hijab, setelah cafe D'Ceker berhenti sejak tahun lalu karena pandemi," kata Dado.

Pemain yang sempat menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia U-23 ini mengakui, pendapatan dari bisnis yang dimilikinya mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19. 

Meski begitu, pemain asal Jatinangor, Kabupaten Sumedang ini tetap bersyukur lantaran masih ada penghasilan yang didapatnya dari bisnis yang dijalankannya.

"Alhamdulillah kalau bisnis laundry tidak terlalu terdampak seperti cafe, memang bisnis laundry ada penurunan sekitar 20-30 persen, lumayan masih cukup stabil dibandingkan cafe," ungkapnya.