Liga Indonesia

Tiru Malaysia, Pelatih Persib Berharap Liga 1 Bisa Bergulir Ditengah Pandemi

Minggu, 25 Juli 2021 02:20 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/05/21). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/05/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih heran dengan kondisi sepakbola Indonesia yang hingga saat ini kompetisinya belum bergulir kembali, setelah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020.

Padahal menurut pelatih asal Belanda ini, mayoritas negara aktivitas sepakbolanya sudah berjalan kembali termasuk kompetisi, walaupun di tengah pandemi Covid-19.

Robert Rene Alberts menuturkan, salah satu negara yang aktivitas sepakbola tetap berjalan yakni Malaysia.

Menurutnya, kegiatan tim seperti latihan, tidak terganggu meskipun pemerintah negara tetangga itu sempat memberlakukan lockdown.

"Seperti yang sering saya katakan, jika negara-negara di dunia, contoh bagusnya yaitu negara tetangga, Malaysia, ketika kasus covid sedang tinggi, lockdown total, tapi sepakbola profesional di sana tetap bergulir," kata Robert Alberts.

"Klub tetap bisa berlatih, tetap bermain. Dan semua juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan prosedur keselamatan," ucapnya.

Kondisi tersebut berbeda dengan Indonesia, pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kick-off kompetisi Liga 1 2021/2022. Hal itu, membuat mantan pelatih PSM Makassar ini bertanya-tanya.

"Kami harus melihat seluruh situasi yang ada di Indonesia dan kami terus menerus menanyakan pertanyaan yang sama, 'kenapa kami tidak bisa bermain sepakbola seperti negara lain?'. Tidak ada yang bisa memberi jawaban yang tepat dan itu akan terus menjadi pertanyaan," ungkapnya.

Sejauh ini, Robert Alberts menilai skuat Maung Bandung dan klub lainnya sudah berusaha menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap aktivitasnya.

Selain itu, sebelumnya tim peserta Liga 1 termasuk Persib, tampil di Turnamen Piala Menpora 2021, walaupun secara persiapan belum maksimal.

Meski begitu, Persib tetap ikut berpartisipasi lantaran turnamen tersebut bisa menjadi ajang uji coba sebelum bergulirnya kompetisi resmi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%