Bola Internasional

Tak Mau Kalah dengan MU, Klub Skotlandia Bangun Patung Sir Alex Ferguson

Jumat, 30 Juli 2021 12:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© UEFA
Sir Alex Ferguson mengangkat trofi Piala Super Eropa saat menangani Aberdeen, 20 Desember 1983. Copyright: © UEFA
Sir Alex Ferguson mengangkat trofi Piala Super Eropa saat menangani Aberdeen, 20 Desember 1983.

INDOSPORT.COM - Karier manajerial bertabur prestasi Sir Alex Ferguson kembali bakal mendapat apresiasi akbar. Setelah punya monumen dirinya di Manchester United, kini mantan pelatih asal Skotlandia tersebut juga bakal diabadikan dalam bentuk patung oleh Aberdeen.

Langkah ini diambil oleh Aberdeen mengingat Sir Alex adalah manajer yang mengangkat nama mereka di akhir dekade 1970-an dan awal 1980-an. Patung yang terbuat dari perunggu itu rencananya akan diletakkan di dekat tribun Richard Donald Stadion Pittodrie.

Rencananya patung akan siap diresmikan pada akhir 2021. Selain Sir Alex, sejumlah tokoh penting dan legenda Aberdeen lain juga akan mendapat perlakuan yang sama.

Pose yang akan diambil untuk patung garapan seniman Andy Edwards adalah saat Sir Alex memenangi Liga Skotlandia pertamanya di 1980. Dia tampak mengangkat tangan kepada suporter yang menyesaki Easter Road, markas Hibernian.

"Saya merasa sangat senang dan terhormat karena mendapat pengakuan dari Aberdeen, di mana saya mengalami memori fantastis saat menjadi manajer," ungkap Sir Alex Ferguson seperti yang diwartakan Sky Sports.

"Pilihan referensi fotonya membuatku puas. Begitu juga dengan artisnya. Rasanya sudah tidak sabar untuk melihat hasilnya," tambahnya lagi.