Bola Internasional

Solusi Unik Bayern Munchen Atasi Krisis Finansial Akibat Pandemi Covid-19

Selasa, 3 Agustus 2021 11:05 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pandemi virus corona atau covid-19 yang masih melanda sejumlah negara membuat stabilitas ekonomi dunia ikut terdampak. Akibatnya, banyak sektor yang mengalami kerugian termasuk para klub sepak bola Eropa.

Sebab karena pandemi ini pemerintah di negara-negara Eropa sangat membatasi jumlah turis untuk berkunjung, yang berimbas ke pendapatan klub-klub Eropa dari tiket pertandingan sampai ke tur museum stadion.

Bulan Mei 2021 lalu UEFA juga sudah mengumumkan kerugian klub akibat pandemi ini. Nilainya mencapai Rp125,5 triliun dilansir dari laman resmi otoritas sepak bola Eropa tersebut.

Laporan itu menyebutkan kalau pendapatan klub profesional divisi teratas anjlok 6,2 miliar poundsterling atau Rp 125,5 triliun.

Angka itu bahkan bisa lebih tinggi dari 7 miliar pounds. Laporan itu juga menyebutkan kalau kerugian tersebut terbagi rata antara klub top dan klub yang berada di divisi lebih rendah.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan, butuh upaya dan tanggapan bersama yang terkoordinasi di seluruh piramida sepak bola.

"Karena fakta bahwa seluruh ekosistem sepak bola, di tingkat profesional, amatir dan pemula, telah sangat terdampak oleh pandemi," ucap Ceferin, dikutip dari Mirror.