In-depth

Merelakan Lionel Messi Pergi Adalah Tragedi Besar untuk Barcelona

Jumat, 6 Agustus 2021 10:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alex Caparros/Getty Images
Lionel Messi dan Barcelona memutuskan berpisah jalan. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Lionel Messi dan Barcelona memutuskan berpisah jalan.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi dan Barcelona baru saja membuat geger publik dengan pengumuman kerja sama mereka yang pada akhirnya harus kandas.

Padahal, belum lama ini para penggemar dan penikmat olahraga sepak bola sudah sangat menanti momen penandatanganan kontrak anyar La Pulga, setelah pemain asal Argentina tersebut pulang berlibur.

Akan tetapi, alih-alih kabar bahagia, bak petir di siang bolong ternyata harapan tersebut pupus begitu saja ketika kedua belah pihak memutuskan berpisah jalan.

Tentu ini adalah insiden yang menggemparkan sekaligus menggelitik, mengingat saat ini publik pasti berspekulasi seperti apa pastinya hubungan Lionel Messi dan Barcelona, lalu ke mana sang megabintang akan pindah.

Dua pertanyaan itulah yang mungkin bakal terus terngiang-ngiang di benak banyak orang sampai teka-teki kepergian Messi terpecahkan.

Namun yang pasti, kegagalan Barcelona mempertahankan pemainnya tersebut tidak lepas dari kondisi finansial mereka yang tidak mendukung. Benar-benar sebuah tragedi untuk klub Catalunia tersebut.

Bagaimana tidak? Sejak tahun lalu, isu tentang Messi mencuat dan membuat huru-hara di kancah sepak bola dunia. Dengan penuh drama sang pemain meminta pindah namun terus ditahan-tahan sampai akhirnya ia menyerah.

Messi yang memilih mengalah atas nama cinta terhadap klub masa kecilnya pun tetap tinggal. Akan tetapi, ujung-ujungya setelah rentetan peristiwa yang bak sinetron itu, ia ternyata pergi juga karena proses negosiasi tidak berjalan lancar.

Barcelona secara miris harus kehilangan salah satu aset berharganya karena hambatan keuangan dan regulasi di LaLiga. Lalu yang paling mengenaskannya lagi, Messi hengkang dengan status bebas transfer.

Tak mampu mempertahankan seorang Lionel Messi dengan kondisi-kondisi tersebut di atas jelas sebuah tragedi untuk klub sekelas Barcelona.

Pemain memang datang dan pergi dan ungkapan no player is bigger than the club jelas benar adanya, tapi jika mengingat kasus Messi ini, rasanya seperti terlalu menyakitkan untuk diingat dan dibahas.