In-depth

Bagaimana Cara Barcelona Move On dari Lionel Messi?

Senin, 9 Agustus 2021 16:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Eurosport
Kepergian Lionel Messi tak perlu disesali lagai, kini saatnya bagi klub LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk move on menatap musim depan. Copyright: © Eurosport
Kepergian Lionel Messi tak perlu disesali lagai, kini saatnya bagi klub LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk move on menatap musim depan.

INDOSPORT.COM - Kepergian Lionel Messi tak perlu disesali lagi, kini saatnya bagi klub LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk move on menatap musim depan.

Untuk pertama kalinya sejak 2003, Blaugrana akan mengarungi kompetisi tanpa Lionel Messi. Pemenang Ballon d'Or enam kali telah mengumumkan kepergiannya dari klub yang membesarkan namanya sejak dua dekade lebih

Padahal, Messi diketahui telah sepakat untuk menyunat gajinya hingga sebesar 50 persen demi membuatnya bisa tetap berseragam Barcelona selama beberapa musim ke depan.

Namun aturan finansial LaLiga menggagalkan rencana tersebut. Kepergian sang megabintang jelas menyisakan kesedihan di tim Barcelona.

Pemain senior Barca, Gerard Pique, merasakan ada perasaan hampa di ruang ganti timnya. "Tim ini sedikit berantakan karena kepergian Messi," kata selepas laga kontra Juventus di Trofi Gamper melansir dari Daily Mail.

Pique menyebut jika timnya belum bisa melupakan jasa yang ditorehkan Lionel Messi sejak sang pemain memulai debutnya pada tahun 2003 saat usia 16 tahun. Menurut Pique, sosoknya tak bisa tergantikan baik saat berada di dalam maupun di luar lapangan.

Apa yang diungkapkan Pique memang tidak berlebihan. Sejak berada di level senior, Messi seolah menjadi simbol yang tak terpisahkan dengan Barcelona.

Selama mengemban ban kapten sejak tiga tahun silam, Messi seolah menjadi pemimpin ikonik di Tim Catalan selain Carles Puyol. Mantra Messi sukses membawa 10 gelar La Liga dan empat Liga Champions ke lemari trofi Barcelona .

La Pulga juga tercatat jadi penyerang tersubur Barcelona setelah Romario. Ia telah mengemas 672 gol di 778 penampilannya di semua kompetisi. Wajar saja jika Pique mengungkapkan jika Messi tak tergantikan oleh pemain mana pun.

Dengan kata lain, Barcelona baru saja kehilangan pemain terbaik mereka sepanjang masa. Bahkan, di usia senja pun kemampuan Messi masih di atas rata-rata pemain bintang muda Eropa.

Lalu, bagaimana cara Barcelona agar bisa segera move on dari Lionel Messi?