Bursa Transfer

Ini Alasan Barcelona Takkan Pensiunkan Nomor Punggung Lionel Messi

Selasa, 10 Agustus 2021 14:15 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© David Ramos/Getty Images
Lionel Messi selebrasi usai cetak gol dalam laga Barcelona vs Manchester United di perempatfinal Liga Champions, Rabu (17/04/19). Copyright: © David Ramos/Getty Images
Lionel Messi selebrasi usai cetak gol dalam laga Barcelona vs Manchester United di perempatfinal Liga Champions, Rabu (17/04/19).

INDOSPORT.COM - Nomor punggung Lionel Messi tak akan dipensiunkan Barcelona meski pemain berjuluk La Pulga itu memberi sejumlah gelar bergengsi ke Camp Nou.

Sejak satu dekade lebih, nomor punggung 10 menjadi milik Messi seorang. Antara Messi dengan nomor 10 seolah jadi dua hal yang tak terpisahkan.

Sejarah mencatat, jika nomor 10 menjadi angka keramat di Los Cules. Hanya pemain kelas wahid yang memakai. Sebelum Messi, ada Rivaldo dan Ronaldinho yang menggunakan nomor tersebut.

Kini setelah Messi pisah jalan dengan Blaugrana, tak sedikit yang menuntut klub Catalan untuk mempensiunkan nomor punggung 10, desakan itu muncul demi menghormati apa yang ditorehkan pemenang Ballon d'Or enam kali itu.

Namun keinginan untuk mempensiunkan nomor 10 di Barcelona harus dikubur dalam-dalam. Pasalnya LaLiga Spanyol mempunyai regulasi yang berbeda terkait nomor punggung.

Melansir dari Marca, La Liga tak mengikuti pakem untuk memensiunkan sebuah nomor layaknya tradisi di Serie A Italia maupun NBA.

Sejatinya, Barcelona bisa menjiplak cara yang dilakukan The Blues Chelsea. Meski tak ada aturan soal nomor punggung namun hingga kini nomor 25 peninggalan Gianfranco Zola tak dipakai siapapun.

Alih-alih meniru Chelsea, Barcelona tampaknya belum berfikir kearah sana. Bahkan kabarnya mereka akan mempersilakan pemain lain dapat memakai nomor 10.