Bola Internasional

Chelsea vs Villarreal: Alasan Tuchel Mengganti Mendy dengan Kepa Jelang Adu Penalti

Kamis, 12 Agustus 2021 08:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Thomas Tuchel mengungkapkan alasannya mengganti Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga jelang adu penalti di laga Chelsea vs  Villarreal pada final Piala Super Eropa, Kamis (12/08/21) dini hari WIB.

Kepa Arrizabalaga menggantikan Edouard Mendy menjelang akhir babak kedua babak perpanjangan waktu, tepatnya pada menit ke-119. Laga itu sendiri berakhir imbang 1-1 dengan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Alhasil, laga pun dilanjutkan dengan duel tos-tosan (penalti) dengan Kepa Arrizabalaga mempertahankan posisinya di bawah mistar gawang The Blues.

Kepa Arrizabalaga pun akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Chelsea setelah berhasil menepis dua tendangan penalti Villarreal.

Ia menepis dua eksekutor Villarreal yakni Aissa Mandi dan Raul Albiol untuk membawa The Blues menang 6-5 di babak tos-tosan.

Thomas Tuchel mengatakan bahwa keputusannya mengganti Mendy dan Kepa sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya berdasarkan data. Jadi, Tuchel menegaskan ini bukan hal yang spontan.

“Itu tidak spontan. Kami sudah membicarakan ini dengan kiper setelah pertandingan melawan Barnsley (di Piala FA). Kami punya statistik. Kami sudah mempersiapkannya,” ujar Tuchel kepada BT Sport.

“Kepa punya persentase terbaik dalam menggagalkan penalti, bagian analisis dan pelatih kiper menunjukkan datanya kepada saya.