Liga Indonesia

Buntut Drama PSSI dan Shin Tae-yong, Bung Towel: Tiru Thailand, Pecat

Senin, 16 Agustus 2021 09:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Komentator sepak bola kenamaan, Tommy Welly alias Bung Towel menyoroti dinamika PSSI yang seakan tidak akur dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bung Towel merangkum beberapa drama PSSI dan Timnas Indonesia sejak tahun 2020 lalu, dan nampak seperti menyudutkan Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan.

Belakangan, drama kembali berlanjut ketika tiga asisten pelatih asal Korea yang dibawa Shin Tae-yong, serempak mengundurkan diri dari jabatan kepelatihan Timnas Indonesia.

Adapun para pelatih tersebut adalah Kim Hae-won, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae, yang kabarnya sudah mengirimkan surat pengunduran diri sejak akhir pekan lalu.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, ketiganya mengundurkan diri karena alasan pribadi. Ia juga menuding jika Shin Tae-yong tidak akur dengan tiga asistennya.

Namun, Bung Towel menganggap alasan tersebut sulit untuk diterima. Pasalnya, tiga asisten pelatih ini sudah lama bekerja sama dengan Shin, bahkan sejak masih di Korea Selatan.

Bung Towel juga menyesalkan pecahnya tim kepelatihan Timnas saat ini. Padahal, perlu banyak waktu untuk membangun chemistry, apalagi Timnas memiliki agenda terdekat.

"Kalau dari sudut pandang saya, daripada harus membangun kembali tim kepelatihan yang baru yang cukup sulit, menurut saya jangan abu-abu begini lah," ujar Bung Towel.

"Karena bikin tim kepelatihan baru juga tidak gampang, bikin suasana yang baru dari tim pelatih baru juga tidak mudah, menciptakan chemistry saat latihan juga tidak gampang."

"Apalagi tanggal 7 September ada playoff kualifikasi Piala Asia melawan Chinese Taipei. Ini situasi yang bukan main-main, situasi yang sama sekali nggak kondusif."