Bola Internasional

Mengenal Piet de Visser, Pemandu Bakat Legendaris dan Penasihat Roman Abramovich

Selasa, 17 Agustus 2021 14:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Piet de Visser. Copyright: © Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Piet de Visser.

INDOSPORT.COM – Mengenal Piet de Visser, pencari bakat legendaris yang juga merupakan penasihat pribadi dari pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Siapa yang tak kenal bakat-bakat hebat yang pernah dimiliki Chelsea seperti Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku? Keduanya didatangkan The Blues dari Belgia berkat sosok Piet de Visser.

Nama Piet de Visser tentu asing bagi para pecinta sepak bola saat ini, kecuali para penikmat lapangan hijau yang memainkan gim Football Manager.

Pria asal Belanda ini merupakan pencari bakat legendaris yang termahsyur dan banyak bekerja di belakang layar. Biasanya, pemain yang direkomendasikan De Visser mampu berbicara banyak di dunia sepak bola saat ini.

Temuan Piet de Visser selain De Bruyne dan Lukaku adalah Ronaldo Nazario, Ruud van Nistelrooy hingga David Luiz. Kelima pemain menjadi contoh pemain temuannya yang bisa berbicara banyak di pentas sepak bola.

De Visser sendiri dulunya merupakan seorang pemain sepak bola. Namun, ia pensiun lebih cepat karena masalah jantung yang ia derita.

Karena hidup untuk sepak bola, pria yang kini berusia 86 tahun ini menjadi pelatih di mana ia berkecimpung selama 40 tahun pada tahun 1993.

Setelah pensiun dari dunia kepelatihan, De Visser pun tak mau lepas dari sepak bola. Berbekal pengalamannya ia pun menjadi pencari bakat untuk PSV Eindhoven.

Perjalanan Piet de Visser sebagai pencari bakat pun berlanjut hingga ia menjadi pembisik Roman Abramovich dan Chelsea. Bagaimana kisah lengkapnya? Berikut rangkumannya.