In-depth

Liverpool Memang Sakti, Kepergian Messi Bahkan Tak Bisa Selamatkan Coutinho

Rabu, 18 Agustus 2021 19:54 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jose Breton/NurPhoto via Getty Images
Philippe Coutinho yang turun pamor setelah pindah dari Liverpool ke Barcelona. Copyright: © Jose Breton/NurPhoto via Getty Images
Philippe Coutinho yang turun pamor setelah pindah dari Liverpool ke Barcelona.

INDOSPORT.COM - Kepergian Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona nampaknya masih menyisakan secuil kisah pahit bagi sang pemain.

Philippe Coutinho, yang memutuskan pergi dari pada tahun 2018 mengalami penurunan karier yang lumayan setelah berseragam Blaugrana. Mungkin tidak buruk-buruk amat, tapi cukup berbeda 180 derajat saat ia masih bersama The Reds.

Saat di Liverpool, namanya bergaung lumayan kencang dan jadi favorit publik Anfield. Sayangnya hal serupa tidak terjadi setelah ia memilih merumput di Spanyol.

Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen sebelum akhirnya kembali ke Barcelona menyusul kedatangan Ronald Koeman. Itu saja sembari diwarnai kabar tak sedap bahwa kubu Blaugrana sudah enggan menggunakan jasanya lagi.

Sebagai seorang pemain unik dan cekatan, Philippe Coutinho punya pengaruh cukup besar dalam pola serangan tim mana pun yang dibelanya.

Kepindahan si Little Magician ke Barcelona pun harusnya bak mimpi yang jadi kenyataan, namun sayangnya takdir justru mengatakan sebaliknya. Pemain yang satu ini mungkin salah satu ‘korban’ dominasi Lionel Messi di daftar pasukan serang Blaugrana.

Pasalnya, selama ini La Pulga punya lebih banyak kesempatan dengan bola dan menghasilkan lebih banyak tembakan untuk dirinya sendiri. Ia juga bebas untuk beroperasi di area-area penting sepertiga akhir lapangan.

Sementara itu, peran Coutinho lebih terbatas karena kehadiran mantan rekannya itu, terutama di skuat era Ernesto Valverde. Alhasil ia pun tidak mampu menunjukkan performa yang sama hebatnya saat masih berseragam Liverpool.

Namun kini Messi sudah pergi. Seperti diketahui, ayah tiga anak tersebut merapat ke Paris Saint-Germain (PSG) usai pembicaraan terkait kontrak anyarnya mengalami jalan buntu.

Harusnya, ini jadi kesempatan Coutinho untuk tampil sedikit lebih dominan, karena pemain yang selalu mendapat spotlight di Barcelona sudah tidak ada. Mungkin sudah waktunya ia jadi the next idol di Camp Nou.

Meski begitu, menurut kabar yang beredar di lantai bursa transfer, Coutinho justru ditawarkan Barcelona ke Arsenal lewat skema pertukaran pemain.

Situasi pun semakin pelik ketika ia dicoret dari daftar pemain Barcelona yang bertanding di laga perdana LaLiga Spanyol musim ini.