Liga Spanyol

Imbang Lawan Bilbao, Barcelona Tetap Catat Rekor dengan Wonderkid-nya

Minggu, 22 Agustus 2021 18:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Satu poin yang didapat dari lawatan ke markas Athletic Bilbao pada Sabtu (22/8/21) ini bisa dibilang hasil negatif untuk Barcelona di LaLiga Spanyol 2021-2022.

Meski demikian, mereka tetap bisa terhibur dengan torehan rekor pemain muda mereka, Yusuf Demir. Masuk menggantikan Martin Braithwaite pada menit ke-62, Demir resmi tercatat sebagai debutan asing di liga termuda sejak Lionel Messi pada 2004 silam.

La Pulga yang berasal dari Argentina saat itu berusia 17 tahun 114 hari sementara Demir sedikit lebih tua dengan 18 tahun dan 80 hari.

Sayangnya, wonderkid asal Austria itu tidak bisa banyak membantu Barcelona mendapatkan gol kemenangan setelah gol pembuka Inigo Martines dibalas Memphis Depay.

Kartu merah Eric Garcia di penghujung laga pun makin menggarami luka Los Cules yang ditahan imbang 1-1.

Selama kurang lebih setengah jam, Demir hanya mampu mencatatkan akurasi 100 persen dari sembilan percobaan umpan. Winger kanan berkaki kidal tersebut juga sukses menuntaskan satu dribel namun juga sekali kehilangan bola.

Meski begitu, usaha Demir tetap mendapat apresiasi dari Ronald Koeman. Entrenador Barcelona itu memaklumi aksi standar bintang belianya yang mendapat debut kompetitif di kandang lawan.

"Yusuf Demir menghadapi banyak kesulitan di stadion besar seperti San Mames tapi itu wajar karena ia masih sangat muda. Justru sangat bagus baginya mendapat debut saat ini agar semakin cepat beradaptasi dengan level sepak bola Spanyol," tutur Koeman seperti yang dikutip dari Goal.

Demir sendiri baru datang dari Rapid Vienna pada jendela transfer musim panas ini. Ia direkrut sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian permanen seharga 10 juta euro (168 miliar rupiah).

Ia diharapkan bisa jadi idola baru di Camp Nou dan meregenerasi sisi kanan penyerangan Barcelona.

Ousmane Dembele yang semua diperkirakan mampu bersinar setelah digaet dari Borussia Dortmund pada 2017 lal dengan banderol 135 juta euro malah lebih sering dibekap cedera walau tidak ada yang meragukan talentanya.