Liga Spanyol

Dikucilkan Klub dan Suporter, Pemain Ini Tetap Betah di Barcelona

Kamis, 26 Agustus 2021 00:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© FC Barcelona
Samuel Umtiti dilaporkan masih bersikeras bertahan di klub LaLiga Spanyol, Barcelona, walau sudah tidak dibutuhkan pelatih dan diusir oleh fans. Copyright: © FC Barcelona
Samuel Umtiti dilaporkan masih bersikeras bertahan di klub LaLiga Spanyol, Barcelona, walau sudah tidak dibutuhkan pelatih dan diusir oleh fans.

INDOSPORT.COM - Fakta jika Barcelona sudah tidak membutuhkannya tampaknya tidak membuat Samuel Umtiti berniat pergi. Ia bahkan dilaporkan sudah berkeputusan untuk tetap bertahan di Camp Nou.

Kabar yang bersumber dari Mundo Deportivo menyebutkan jika Umtiti memang benar menolak pergi dari Catalonia dengan alasan kontraknya masih berlaku hingga Juni 2023. Padahal Barcelona berharap ia segera angkat kaki demi meringankan beban ekonomi mereka yang masih bernilai merah.

Kesungguhan Los Cules untuk mengusir Umtiti juga ditunjukkan oleh pelatih Ronald Koeman. Entrenador asal Belanda tersebut sudah menyebutkan jika eks Olympique Lyonnais itu tidak akan bermain sebelum Gerard Pique, Eric Garcia, Clement Lenglet, Ronald Araujo, dan Oscar Mingueza absen terlebih dahulu.

Para fans Barcelona juga sudah jengah dengan sifat keras kepala Umtiti. Mereka bahkan sudah berulangkali berkonfrontasi dengan bek internasional Prancis tersebut tiap kali mendatangi markas La Blaugrana.

Loyalis Barcelona memang dalam beberapa tahun terakhir sudah kerap mengeluhkan performa Umtiti. Sejak membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 lalu, kontribusinya di lapangan kian menurun. Terutama akibat cedera lutut yang kambuh setidaknya enam kali sejauh ini.

Sebenarnya konflik ini mungkin tidak perlu terjadi apabila Umtiti tidak menolak pemotongan gaji dalam upaya klub menyeimbangkan neraca keuangan. Data yang beredar menunjukkan jika pemain 27 tahun itu menerima lebih dari 200.000 Euro atau sekitar 4 miliar Rupiah per pekan.

Sikap ini membuat Barcelona masih belum bisa mendaftarkan Sergio Aguero dalam daftar gaji mereka agar bisa tampil di LaLiga. Sebelumnya, Lionel Messi juga sudah tidak boleh diperpanjang kontraknya karena klub melewati batas-batas finansial yang sudah diterapkan otoritas kompetisi.