Liga Inggris

Liga Inggris 54/55: Terakhir Kali Arsenal Kalah Beruntun di 3 Laga Awal, Degradasi?

Minggu, 29 Agustus 2021 14:56 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© James Williamson - AMA/Getty Images
Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette terlihat lesu setelah kalah di Liga Inggris Foto: James Williamson - AMA/Getty Images Copyright: © James Williamson - AMA/Getty Images
Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette terlihat lesu setelah kalah di Liga Inggris Foto: James Williamson - AMA/Getty Images

INDOSPORT.COM – Melihat kembali momen Liga Inggris 54/55, di mana Arsenal terakhir kali merasakan tiga kekalahan beruntun seperti yang mereka alami di Premier League musim ini.

Pada gelaran Liga Inggris musim 21/22, klub raksasa asal kota London, Arsenal berhasil membuat kejutan buat seluruh fansnya.

Namun bukan soal kemenangan, melainkan rentetan hasil buruk yang masih harus mereka terima sepanjang bulan Agustus ini.

Mengawali musim dengan status semifinalis Liga Europa 20/21, skuat Arsenal terlihat percaya diri menyongsong kompetisi.

Apalagi, The Gunners telah keluarkan banyak uang di bursa transfer untuk memperbaiki kekuatan skuat mereka.

Dari data Transfermarkt, diketahui bahwa Arsenal sudah menggelontorkan dana hingga 147 juta euro untuk membeli beberapa pemain seperti Ben White, Martin Ødegaard hingga Aaron Ramsdale.

Bahkan, pengeluaran Arsenal di bursa transfer musim panas ini jadi yang paling boros ketimbang klub Liga Inggris lain, termasuk Manchester City yang baru saja memboyong Jack Grealish seharga 117 juta euro.

Namun sayang, dana besar yang dikeluarkan Arsenal masih belum memberikan dampak positif buat permainan Meriam London, setidaknya dari tiga pertandingan awal Liga Inggris.

Tercatat, anak asuh Mikel Arteta itu belum pernah rasakan kemenangan di tiga pekan teranyar, bahkan gagal mencetak satu gol pun di Liga Inggris sepanjang bulan Agustus.

Teranyar, Arsenal harus menanggung malu saat dipermalukan sang juara bertahan Manchester City pada Sabtu (28/08/21) lalu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Etihad tersebut, Arsenal sebagai tim tamu telan kekalahan telak lima gol tanpa balas dari Manchester City.

Hasil tersebut membuat Arsenal kini terdampar di dasar klasemen Liga Inggris dengan perolehan 0 poin dari 3 laga, serta kemasukan 9 gol tanpa mencetak satu gol pun.

Kekalahan di tiga laga awal Liga Inggris, membuat Arsenal kembali mengulang catatan buruk mereka sejak 67 silam.

Sepanjang sejarah berdirinya klub, Arsenal memang pernah alami nasib apes seperti musim sekarang, yakni tak pernah menang bahkan kalah beruntun di tiga pekan awal Liga Inggris.

© Manchester City
Manchester City berhasil meraih kemenangan 4-0 atas Arsenal di pekan ke-3 Liga Inggris, Sabtu (28/08/21). Copyright: Manchester CityManchester City berhasil meraih kemenangan 4-0 atas Arsenal di pekan ke-3 Liga Inggris, Sabtu (28/08/21).

Tepatnya pada Liga Inggris musim 1954/55. Saat itu, Arsenal yang dilatih Tom Whittaker terus alami kekalahan dari Newcastle United, Everton dan West Bromwich Albion.

Bedanya dengan musim sekarang, Arsenal di musim 1954/55 masih berhasil mencetak gol walau di akhir laga gagal mendapatkan kemenangan.

Jika melihat dari rekor pertandingan Arsenal di musim sebelumnya, rapor buruk The Gunners di era 1954/55 sejatinya tidak terlalu mengejutkan.