Liga Inggris

Roses Derby: Para Pemain yang Terjebak Rivalitas Leeds dan Manchester United

Selasa, 31 Agustus 2021 10:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthew Peters/GettyImages
Daniel James dikabarkan merapat dari Manchester ke Leeds United. Copyright: © Matthew Peters/GettyImages
Daniel James dikabarkan merapat dari Manchester ke Leeds United.

INDOSPORT.COM - Menyusul kedatangan Cristiano Ronaldo, klub Liga Inggris, Manchester United, diketahui melepas Daniel James ke Leeds United.

Hal tersebut diungkap jurnalis sekaligus pakar transfer asal Italia, Fabrizio Romano, Senin (30/08/21) malam waktu setempat.

Baik Manchester United maupun Leeds United dikabarkan telah menyepakati transfer ini dan hanya tinggal menunggu waktu sampai sang pemain diperkenalkan secara resmi oleh klub barunya.

Kabar ini pun cukup mengagetkan publik Liga Inggris mengingat Daniel James belum begitu lama berseragam Setan Merah.

Ia baru bergabung dengan Manchester United dari Swansea City pada bursa transfer musim panas 2019 dan sempat jadi andalan di musim pertamanya dengan 46 penampilan di semua kompetisi.

Bukan hanya itu, ia juga berhasil mencetak empat gol serta tujuh assist. Hanya saja, menit bermain James memang terbilang menurun drastis menjadi 26 pertandingan saja musim lalu.

Meski tak bentrok posisi secara langsung dengan Cristiano Ronaldo, James diyakini bakal makin kekurangan menit bermain.

Pasalnya, kehadiran Ronaldo bakal membuat Mason Greenwood kembali dimainkan di sayap kanan. Belum lagi, ditambah sosok Jadon Sancho yang diprediksi bisa menggeser James sebagai pemain opsi ketiga.

Merapat ke Leeds United dari Manchester United, Daniel James tentu bukan satu-satunya pemain yang tercatat sebagai bagian dari pasangan rival Roses Derby Lancashire dan Yorkshire ini.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat pemain selain Daniel James yang pernah berseragam Leeds United dan Manchester United.

Gordon Strachan

Saat menyeberang langsung dari Manchester United ke Leeds United pada 1989, Gordon Strachan dinobatkan sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di kubu The Whites pada waktu itu.

Pengorbanannya untuk turun level ke Second Division pun ternyata tidak sia-sia. Strachan berhasil mengangkat derajat Leeds United dengan membantu tim ini naik level dan jadi juara First Division sebelum era Premier League diperkenalkan.

Setelah kurang lebih enam tahun berseragam Leeds United, Strachan hengkang lantaran menit bermainnya yang sudah mulai berkurang, terutama pada musim 1994-1995.