Liga Indonesia

Ketika Dokter Ahli Wabah Asal Amerika Serikat Kritik Prokes Liga 1 2021

Jumat, 3 September 2021 19:21 WIB
Editor: Juni Adi
© http://somvweb.som.umaryland.edu/
Dokter pakar penyakit menular asal Amerika Serikat, dokter Faheem Younus Copyright: © http://somvweb.som.umaryland.edu/
Dokter pakar penyakit menular asal Amerika Serikat, dokter Faheem Younus

INDOSPORT.COM - Dokter ahli wabah asal Amerika Serikat, dr Faheem Younus mengkritik jalannya prokes BRI Liga 1 2021.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2021 saat ini masih menggelar pekan pertama yang sudah menuntaskan empat pertandingan sejak bergulir pada Jumat (27/08/21) hingga Jumat (03/09/21) hari ini.

Adapun empat pertandingan tersebut adalah Bali United vs Persik Kediri, Persipura Jayapura vs Persita Tangerang, Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh dan Tira-Persikabo vs Madura United.

Hasilnya, tiga tim berhasil meraih kemenangan yakni Bali United, Bhayangkara FC, dan Persita Tangerang. Serdadu Tridatu menang 1-0 atas Persik.

Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persiraja, dan Persita menang 2-1 atas Persipura Jayapura. Sedangkan Tira-Persikabo vs Madura United berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Satu pekan berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah para pemain tertular virus Covid-19, membuat banyak pihak di dalam negeri mengapresiasi penyelenggaraan Liga 1 termasuk pemerintah. 

Namun kritikan justru datang dari pihak luar. Adalah Dokter ahli penyakit dalam dan menular (wabah) asal Amerika Serikat, dr Faheem Younus.

Dirinya menyorot satu hal yang diterapkan dalam prokes di Liga 1 2021 yakni penyemprotan desinfektan untuk bola. Hal tersebut diketahui dari unggahan foto di akun Twitter pribadinya @faheemyounus.

Dalam keterangannya ia mengatakan penyemprotan itu tidak perlu dilakukan. Meski tidak menjelaskan lebih detail, Dr. Faheem Younus menganggap penerapan prokes itu gila. 

"Akhiri kegilaan ini. Terima kasih," tulis Dr. Faheem Younus dengan menggunakan bahasa Indonesia, Jumat (03/09/21).