Liga Indonesia

Ranking Terbaru Kompetisi AFC: Indonesia Ada di Bawah Malaysia

Sabtu, 4 September 2021 05:19 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Subhan Wirawan
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Setahun Lebih Tidak Ada Sepak Bola, Berikut Ranking Terbaru Kompetisi AFC untuk Indonesia. Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Setahun Lebih Tidak Ada Sepak Bola, Berikut Ranking Terbaru Kompetisi AFC untuk Indonesia.

INDOSPORT.COM - Setahun lebih tidak ada pertandingan resmi sepak bola, berikut posisi Indonesia di ranking terbaru kompetisi AFC yang rilis pada awal September 2021.

Tidak adanya kompetisi hampir dua tahun dan dibatalkannya ajang Piala AFC 2021 karena pandemi virus corona membuat Indonesia harus berada di posisi ke-24 se-Asia.

Seperti diketahui, penentuan ranking kompetisi dilakukan konfederasi sepakbola Asia (AFC) dengan mengacu pada penampilan wakil dari negara di kompetisi antarklub.

Jadi, setiap kemenangan sebuah klub akan menambah poin MA (member asosiation), yang nantinya dijumlahkan dan diperingkatkan untuk menentukan jatah wakil klub negara di kompetisi Asia.

Pada 2021 ini, Indonesia gagal mengirim tim perwakilan dari Liga 1 ke Liga Champions Asia dan Piala AFC juga mengalami pembatalan.

Hal itu membuat Indonesia tertinggal dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Meski begitu, menurut situs Footyranking, ranking Indonesia saat ini berada di urutan ke-12 Zona Timur.

Hal itu membuat Indonesia masih mendapat jatah ke play-off di Liga Champions Asia pada 2023 mendatang.

Jatah ini sebelumnya hilang di Liga Champions Asia 2021 karena kedudukan Indonesia berada di urutan ke-13 Zona Timur di bawah Myanmar.

Selain satu tiket play-off Liga Champions Asia, Indonesia juga mendapatkan satu slot fase grup dan satu slot play-off di ajang Piala AFC 2023.