In-depth

Nasib Hiroki Abe dan Takefusa Kubo di Spanyol: Serupa tapi Tak Sama

Senin, 6 September 2021 18:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dua pemain muda asal Jepang yakni Hiroki Abe dan Takefusa Kubo telah terjun ke kancah sepak bola Spanyol.

Pada 2019 lalu, mereka membuat headline lantaran sama-sama direkrut ke raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Hiroki Abe resmi dilepas oleh Kashima Antlers untuk bermain di Barcelona B dengan durasi kontrak selama empat tahun. Namun meski begitu, sepak terjangnya di Spanyol sepertinya tidak berjalan sesuai ekspektasi.

Ia harus berkutat dengan masalah cedera dan tidak kunjung mendapat kesempatan debut di tim senior. Di Barcelona B sendiri, Abe sudah tampil di 28 pertandingan dan mencatatkan empat gol.

Kini, sejumlah kabar pun menyebut bahwa Abe sudah lelah dengan keadaannya saat ini dan ingin mencari tempat lain yang rumputnya lebih hijau. Ya, apalagi kalau bukan demi mendapatkan menit bermain dan posisi reguler di tim.

Salah satu laporan dari Sportsmole menyebut bahwa Abe mempertimbangkan untuk kembali ke Jepang. Akan tetapi di sisi lain, kabarnya banyak klub sepak bola Eropa yang juga menginginkan jasanya.

Hasrat Hiroki Abe untuk pergi dari Barcelona sendiri nampaknya memang dapat dimaklumi. Jangankan kekurangan peluang bermain dan dilanda cedera, ia bahkan belum mendapatkan nomor punggung.

Pemain mana pun yang mengalami hal ini pun tentu akan berpikir dua kali untuk tetap tinggal di klubnya sekarang. Begitu pula Abe yang justru tampil lebih bersinar ketika masih membela Kashima Antlers.

Bahkan, ia punya banyak pengalaman bersama klub Jepang tersebut seperti bermain di Liga Champions Asia dan Piala Dunia Antarklub.

Ditambah lagi, kepindahannya ke Barcelona juga sempat menuai desas-desus bahwa proses transfernya mungkin hanya dilatarbelakangi keperluan bisnis semata, yakni demi meraup massa besar dari daratan Asia.

Namun hal tersebut telah dibantah oleh presiden Barcelona saat itu, Josep Maria Bartomeu. Meski Abe diletakkan di tim cadangan, klub punya niat untuk menjadikannya pemain berpengaruh di kancah sepak bola Spanyol.