Liga Indonesia

Bung Towel Bongkar 'Akal-Akalan' Bali United, Persipura dan Persib Bandung

Selasa, 7 September 2021 08:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© pssi.org
Komentator sepak bola nasional Tommy Welly alias Bung Towel. Copyright: © pssi.org
Komentator sepak bola nasional Tommy Welly alias Bung Towel.

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel membongkar fakta miris terkait 'akal-akalan' Bali United, Persipura Jayapura, dan Persib Bandung.

Akal-akalan ini adalah imbas dari sejumlah klub yang belum bisa memenuhi regulasi lisensi pelatih kiper, padahal Liga 1 2021 pekan pertama sudah terlanjur bergulir.

Menurut aturan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru, pelatih kiper Liga 1 setidaknya harus sudah mengantongi minimal lisensi C dan level 1 goalkeeper, baik lokal maupun asing.

Melihat daftar susunan pemain, Bung Towel mengaku kaget karena ada beberapa tim Liga 1 yang memiliki pelatih kiper belum sesuai standar, lalu membuat akal-akalan.

"Misalnya Bali United, pelatih asing yang jadi pelatih goalkeeper (Marcelo Da Silva Pires) disebut penerjemah. Ini kan agak lucu," ujar Tommy Welly di YouTube Gocek Bung Towel.

"Stefano 'Teco' Cugurra kan sudah lama di Indonesia, sudah fasih bahasa Indonesia, mengerti bahasa Indonesia, jelas dia nggak butuh penerjemah," lanjut sang komentator.

Kejadian serupa juga nampak dalam daftar susunan pemain Persipura Jayapura dan Persib Bandung, dua tim besar di Liga 1.

"Lain lagi Persipura, waktu tanding lawan Persita, pelatih goalkeeper-nya ditulis sebagai kitman. Kemudian Persib Bandung lawan Barito, pelatih kipernya, Luiz Passos itu ditulis sebagai video technical analysis."

"Padahal kita tahu sejak dari Borneo FC dia melatih Muhammad Ridho, Luiz Passos ini kan pelatih goalkeeper. Kemudian di daftar susunan pemain, dia ditulis sebagai video technical analysis, kan lucu," imbuhnya.