Liga Inggris

Jika Bukan Karena Uang, Eks Kiper Arsenal Tak Akan Mau Bela The Gunners

Selasa, 7 September 2021 15:54 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty images
Emiliano Martinez, saat menjadi kiper Arsenal. Copyright: © Getty images
Emiliano Martinez, saat menjadi kiper Arsenal.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang tim nasional Argentina, Emiliano Martinez, buka suara soal kariernya saat masih berbaju Arsenal.

Stopper yang kini membela Aston Villa tersebut rupanya tidak pernah punya niatan untuk bergabung dengan The Gunners jika tidak sedang terhimpit masalah ekonomi.

Martinez diangkut Arsenal dari akademi Independiente pada 2010 silam saat usianya baru menginjak 18 tahun. Dengan nilai transfer senilai 1,5 juta euro, ia pun setuju meninggalkan Libertadores de America Stadium menuju Emirates Stadium.

Sayangnya, Martinez sebenarnya masih belum menginginkan angkat kaki dari klub berjuluk El Rojo tersebut. Pasalnya ia yakin dalam beberapa bulan ke depan ia bisa menembus tim inti Independiente.

Tawaran upah yang tinggi dari Arsenal pun akhirnya membuat Martinez harus mengambil pilihan yang tidak ia sukai. Itu semua demi membantu keluarganya yang kekurangan dalam hal materi.

"Keluarga dan agenku menyarankan untuk pindah ke Arsenal. Keputusan itu murni diambil karena alasan tersebut," tutur Martinez untuk El Pais.

Ketidakbahagiaan Martinez bertambah di Arsenal saat dirinya dipaksa untuk mencari jam terbang sebagai pinjaman di klub lain. Selama dikontrak Meriam London, ia sudah pernah dititipkan pada Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, dan Reading.

Akibatnya. kecintaan Martinez pada sepak bola sempat luntur. Beruntung masa kelam tersebut bisa dilewati penjaga gawang bertinggi 195 cm itu dengan baik, dan sejak bergabung dengan Villa musim lalu reputasinya terbangun.

Per 2021 akhirnya ia juga bisa mendapat caps bersama timnas negaranya.