Bola Internasional

Kisah Pilu Asnawi Magkualam di Korea, Sempat Ngemis-ngemis Hingga Rela Hidup Sederhana

Rabu, 8 September 2021 02:33 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Subhan Wirawan
© twitter.com/KLeagueUnited
Kisah Pilu Asnawi Magkualam di Korea, Sempat Ngemis-ngemis Hingga Rela Hidup Sederhana. Copyright: © twitter.com/KLeagueUnited
Kisah Pilu Asnawi Magkualam di Korea, Sempat Ngemis-ngemis Hingga Rela Hidup Sederhana.

INDOSPORT.COM - Bintang timnas Indonesia yakni Asnawi Mangkualam baru saja membagikan pengalaman saat memperkuat klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners.

Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam resmi bergabung bersama Ansan Greeners pada 1 Februari 2021 lalu. Ia menandatangani kontrak satu musim dengan opsi perpanjang semusim.

Meski bergabung di klub Korea Selatan, rupanya Asnawi Mangkualam memperoleh gaji yang jauh lebih kecil ketimbang saat membela klub Indonesia, PSM Makassar.

Saat diwawancarai oleh YouTube KRTV, pemain berusia 21 tahun itu menjelaskan kalau niatnya ke Korea Selatan memang untuk mencari pengalaman.

Ia bahkan sampai ngemis-ngemis ke beberapa agen demi bisa bermain di luar negeri. Tidak hanya itu, Asnawi juga sempat tidak mendapatkan restu dari orang tua karena hanya mendapatkan upah sedikit.

"Jadi awalnya aku bisa ada di korea panjang ceritanya. Aku awalnya harus ngemis-ngemis ke agen-agen biar bisa main di luar negeri," ujar Asnawi.

"Tapi kalau orang Indonesia main ke luar sulit untuk dipercaya. Sempat hampir ke Eropa tapi responnya lama sekali."

"Terus akhirnya dapat di Malaysia udah mau deal. Tapi itu jalan terakhir sih sebenarnya. Udah mau deal tapi tiba-tiba enggak jadi enggak ada kabar."

"Aku udah bener-bener bingung karena kalau aku tetap di Indonesia liga tidak jalan. Akhirnya aku dapet nih dari Korea. Tapi agen bilang kalau gaji kecil banget ketimbang di Indonesia."

"Aku sempat minta saran orang tua tapi mereka tidak setuju. Ya memang yang kena zona nyaman itu malah orang tua aku," tutur Asnawi menambahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
22%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
22%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
11%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
44%