In-depth

Mengenang Assist di Luar Nalar Berbatov ke Cristiano Ronaldo di Manchester United

Kamis, 9 September 2021 15:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© GettyImages
Dimitar Berbatov. Copyright: © GettyImages
Dimitar Berbatov.

INDOSPORT.COM – Kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United membangkitkan kembali kenangan assist ikonik Dimitar Berbatov untuk penyerang asal Portugal pada 2008 silam.

Cristiano Ronaldo akan menjalani periode keduanya bersama Manchester United pada 2021-2022 setelah meninggalkan Juventus pada bursa transfer musim panas kali ini.

Ronaldo dianggap sebagai salah satu legenda klub berkat kontribusinya yang sangat besar selama periode pertama di Man United antara 2003 hingga 2009.

Di dalam periode pertamanya, Ronaldo berduet dengan banyak pemain hebat mulai dari Wayne Rooney, Carlos Tevez,  Ole Gunnar Solskjaer hingga Dimitar Berbatov.

Dimitar Berbatov merupakan salah satu penyerang hebat dunia yang pernah bermain bersama Cristiano Ronaldo selama setahun sejak Berbatov datang dari Tottenham Hotspur pada 2008 dan sebelum Ronaldo hijrah ke Real Madrid pada 2009.

Terlepas dari pengalamannya berduet dengan Ronaldo, Berbatov dikenal sebagai pemain yang membuat sepak bola tampak begitu mudah setiap kali dia bergerak dilapangan.

Penyerang asal Bulgaria ini mencetak 251 di level klub sepanjang karier bermainnya yang luar biasa. Dilansir dari Transfermarkt, pemain berjuluk ‘The Iceman’ ini juga telah menyumbang 101 assist.

Mencapai tiga digit untuk gol dan assist bukanlah sesuatu yang mudah bagi kebanyakan pesepak bola dunia. Namun, kontribusi gol Berbatov memang benar-benar berkelas dunia.

Salah satu assist yang tak mungkin dilupakan dalam sejarah adalah assist-nya kepada Ronaldo saat menghadapi West Ham di Liga Inggris 13 tahun silam.

Assist tersebut dianggap sangat jenius dan tak masuk akal. Video berikut ini memperlihatkan detik-detik Dimitar Berbatov menyelamatkan bola keluar lapangan dan menyulapnya menjadi assist yang cantik untuk Ronaldo.

Berawal dari umpan dari pemain Man United dari tengah lapangan, bola meluncur jauh menuju sisi kiri gawang. Berbatov mengejarnya hingga tepat di depan touchline.

Sebelum bola keluar dia sudah menyungkil bola itu masuk ke dalam sekaligus memutarkan tubuhnya untuk mengecoh pemain West Ham, James Collins, yang berusaha menghadangnya.

Di waktu yang tepat, Ronaldo sudah berlari ke depan gawang. Berbatov tanpa pikir panjang melesakkan bola ke arah Ronaldo yang langsung disambar dengan cepat menjadi sebuah gol.

Begitu gol tercipta, sorotan tak tertuju pada Ronaldo melainkan Berbatov yang berjalan santai tanpa emosi sembari menerima uluran tangan dari rekan-rekannya selama selebrasi.

Assist yang kemudian dikenal dengan nama ‘Berba Spin’ langsung menjadi viral pada masanya. Momen itu semakin berkesan setelah Berbatov mengatakan alasannya menciptakan assist di luar nalar tersebut.

“Jika saya tidak menyelesaikan ini dengan go, ini hanya akan menjadi sebuah trik lain. Tetapi ketika Anda membuat gol itu menjadi sesuatu yang sangat spesial, dan jika pencetak gol Ronaldo, ini akan membuat assist ini sangat berharga,” ujar Berbatov dilansir dari Givemesport.

“Setelah dia mencetak gol, saya mencoba terlihat cool, tanpa emosi, hanya berjalan ke area belakang tim seperti tidak terjadi apa-apa, seperti, ‘Yeah, ini adalah hari yang biasa bagi saya’. Namun di dalam saya seperti, ‘Gila, apakah kamu melihatnya?’,” lanjut Berbatov.