Liga Champions

Saudara Jauh Etnis Jawa, 3 Wonderkid Berdarah Suriname Panaskan Liga Champions

Selasa, 14 September 2021 21:33 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© INDOSPORT
3 Wonderkid Berdarah Suriname di Liga Champions Copyright: © INDOSPORT
3 Wonderkid Berdarah Suriname di Liga Champions

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain berarah Suriname, sang tetangga jauh rakyat Jawa, yang bakal mentas di kompetisi Liga Champions musim 21/22. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa Indonesia khususnya etnis Jawa dengan negara Suriname memang memiliki keterkaitan cukup erat.

Pasalnya, pada abad ke-19 silam banyak masyarakat Jawa yang hijrah ke Suriname lewat perintah kolonial Belanda.

Para imigran Jawa tersebut dipindahkan ke Suriname untuk dijadikan pekerja kontrak di perkebunan milik Belanda. Mereka menjadi budak pengganti sebelumnya yang dianggap bermasalah.

Walau sudah cukup lama, namun sampai saat ini masih banyak etnis Jawa yang menduduki posisi penting di pemerintahan Suriname.

Bahkan pada 2015, salah seorang keturunan Banyumas bernama Raymond Sapoen ikut mewarnai Pemilihan Presiden Suriname.

Sementara di kancah persepakbolaan, tak banyak pemain berdarah Jawa yang pernah bersinar atau bahkan memperkuat Timnas Suriname.

Uniknya, para pemain berdarah Suriname justru banyak bersinar di Eropa khususnya Belanda lantaran banyak imigran Suriname yang pindah dan menetap disana.

Untuk ajang Liga Champions misalnya, ada beberapa pemain keturunan Suriname yang sempat bersinar bahkan sampai meraih gelar juara.

Sebut saja nama-nama tenar Eropa seperti Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Patrick Kluivert hingga Clarence Seedorf.

Bahkan untuk nama terakhir, Clarence Seedorf mampu meraih empat gelar Liga Champions dengan tiga tim berbeda mulai dari Ajax, Real Madrid hingga AC Milan.

Di era milenial, jejak pemain berdarah Suriname ternyata masih menghiasi bahkan sukses berjaya di kompetisi Liga Champions.

© rousingthekop.com/Harriet Lander/Copa/Getty Images
Pemain berdarah Suriname, Georginio Wijnaldum saat juara Liga Champions Copyright: rousingthekop.com/Harriet Lander/Copa/Getty ImagesPemain berdarah Suriname, Georginio Wijnaldum saat juara Liga Champions

Teranyar, ada Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum yang berhasil membantu Liverpool juara Liga Champions musim 2018/9.

Sementara untuk musim 21/22, darah Suriname juga masih eksis dan bakal panaskan persaingan menuju tangga juara Liga Champions.

Lantas siapa sajakah pemain berdarah Suriname tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%