Liga Indonesia

Segera Digelar, Elite Pro Academy Liga 1 U-16 Bakal jadi Seleksi Garuda Select IV

Rabu, 15 September 2021 12:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Siap-siap! Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 akan segera digelar untuk musim 2021. Ajang ini juga akan menjadi seleksi program Garuda Select IV. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Siap-siap! Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 akan segera digelar untuk musim 2021. Ajang ini juga akan menjadi seleksi program Garuda Select IV.

INDOSPORT.COM - Siap-siap! Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 akan segera digelar untuk musim 2021. Ajang ini juga akan menjadi seleksi program Garuda Select IV.

Elite Pro Academy (EPA) adalah kompetisi sepak bola kelompok umur yang diikuti oleh klub sepak bola Liga 1. Banyak pemain EPA yang juga langsung promosi ke tim senior.

Sementara itu, Program Garuda Select ialah program pembinaan pemain sepak bola usia muda Indonesia di Eropa, dilatih oleh dua eks Timnas Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2018 lalu, Garuda Select sudah melahirkan banyak pemain muda berkualitas yang bisa bersaing di level nasional hingga internasional.

Sebut saja Bagus Kahfi yang kini membela Jong Utrecht di Belanda, dan David Maulana serta Brylian Aldama yang direkrut oleh HNK Rijeka untuk main di liga tertinggi Kroasia.

Kini, memasuki kuarter terakhir tahun 2021, Garuda Select akan menggelar seleksi untuk angkatan keempat, di mana para pemain terpilih akan berlatih dan uji coba di Inggris.

Adapun seleksi pemain Garuda Select akan digelar seiring dengan hadirnya kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2021, yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh manajer klub Liga 1 PS Barito Putera, Mundari Karya, yang juga menjabat sebagai instruktur kepelatihan PSSI, dan membidangi kelompok usia muda.

"Nah, ini kan kompetisi EPA mau dijalankan. Kompetisi itu menjadi seleksi buat pemain Garuda Select, seleksi tim nasional juga," ucap Mundari Karya kepada INDOSPORT.

"Tahun ini mau dirancang, mudah-mudahan bisa jalan Elite Pro Academy, karena dari situ nanti Garuda Select akan merekrut pemain pemain untuk dikirim ke Inggris," lanjutnya.