In-depth

Liga 1: Anco Jansen, Meneer Belanda yang Menggila dan Jadi Idola Baru Publik PSM

Minggu, 19 September 2021 19:53 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Liga 1: Anco Jansen, Meneer Belanda yang Menggila dan Jadi Idola Baru Publik PSM Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Liga 1: Anco Jansen, Meneer Belanda yang Menggila dan Jadi Idola Baru Publik PSM

INDOSPORT.COM – Melihat peforma Anco Jansen, sang meneer Belanda yang di laga teranyar Liga 1 2021 mampu tampil impresif hingga membuat publik PSM Makassar mengaguminya.

Dalam lanjutan pekan ketiga Liga 1 2021 hari Sabtu (18/09/21) lalu, terjadi duel menarik yang mempertemukan PSM Makassar kontra Persebaya Surabaya.

Bertanding di stadion Si Jalak Harupat, hujan gol terjadi untuk kemenangan PSM.

Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Persebaya yang dibuat Jose Wilkson Teixeira Rocha menit 20’, Juku Eja langsung bangkit dan balas ketertinggalan.

Tak tanggung-tanggung, tiga gol langsung dibalas PSM sepanjang 90 menit laga berjalan dan membuat mereka menang dengan skor 3-1.

Tambahan tiga poin penting saat menghadapi Persebaya, membuat PSM kini merangsek naik ke peringkat 6 klasemen sementara Liga 1 2021 dengan koleksi lima poin.

Sementara Persebaya, hasil minor ini membuat mereka melorot ke urutan 11 klasemen setelah hanya mengumpulkan 3 poin dari tiga pertandingan.

Kembali ke laga PSM vs Persebaya. Di laga penuh drama tersebut, PSM yang berstatus tuan rumah sejatinya tidak mampu mendominasi pertandingan dengan catatkan 37% penguasaan bola.

Namun, efektivitas serangan PSM yang banyak mengandalkan serangan balik terbukti mampu menyulitkan pertahanan Persebaya.

Dari 11 pemain di lapangan, sosok Anco Jansen jadi bintang yang paling bersinar dan dapat banyak sambutan positif dari para fans khususnya pendukung PSM Makassar.

Pasalnya, pemain berusia 32 tahun tersebut sukses cetak gol penyama kedudukan serta gol pembalik keadaan buat PSM hanya dalam waktu 7 menit.

Untuk gol pertama, Anco Jansen berhasil mencatatkan nama di papan skor melalui eksekusi penalti. Namun sebelum wasit menunjuk titik putih, eks pemain NAC Breda ini tunjukkan kualitasnya.

Menerima umpan dari Wiljan Pluim di sisi kiri, Anco Jansen yang terlihat bertubuh gempal secara mengejutkan mampu berlari kencang dan mendahului pemain bertahan Persebaya.

Akselerasinya itu membuat bek Persebaya, Arif Satria melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Sementara untuk gol kedua, juga tak kalah keren yakni melalui tendangan bebas dari jarak cukup jauh diluar kotak penalti.

Meski dihadang pagar betis, Anco Jansen dengan cerdas mengalirkan bola secara datar dan mengelabui semua pemain Persebaya termasuk sang penjaga gawang.

Untuk gol ketiga, sejatinya Anco Jansen juga punya peran.

Pergerakannya di sisi kiri yang diakhiri dengan umpan silang, berhasil membuat kemelut di depan gawang Persebaya hingga membuat Yakob Sayuri menggenapi kemenangan PSM jadi 3-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%