In-depth

Masa Transisi Usai, Kapan Solskjaer Antar Manchester United Rengkuh Gelar?

Rabu, 22 September 2021 18:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Plumb Images/Leicester City FC via Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer di laga Leicester City vs Manchester United Copyright: © Plumb Images/Leicester City FC via Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer di laga Leicester City vs Manchester United

INDOSPORT.COM – Ole Gunnar Solskjaer telah menduduki kursi kepelatihan Manchester United selama hampir tiga tahun.  Lantas kapan pelatih asal Norwegia ini membawa tim akhirnya merasakan gelar  juara?

Manchester United telah mengalami peningkatan yang stabil dari tahun ke tahun sejak Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk sebagai pengganti Jose Mourinho.

Dari awalnya hanya sebagai pelatih interim pada Desember 2018, Solskjaer membawa tim bangkit hanya dalam waktu tiga bulan yang membuatnya akhirnya dipermanenkan sebagai pelatih kepala. 

Pelatih asal Norwegia tersebut telah melakukan berbagai perombakan, mulai dari skuat, budaya, hingga taktik, yang akhirnya dia diganjar dengan kontrak anyar berikut masa kerja yang lebih lama.

Sejak Solskjaer mengambil alih pertandingan pertamanya pada Desember 2018, Man United mampu finis di urutan keenam, ketiga dan kedua di tiga musim Liga Primer berturut-turut.

Pada musim 2018-2019, Setan Merah berhasil memenangkan pertandingan sistem gugur Liga Champions pertama sejak 2011. Pada 2019-2020 mencapai hattrick semifinal, dan pada 2020-2021, mencapai semifinal kompetisi domestik dan bermain di final Liga Europa.

Dari kedalaman skuat, Solsker telah mendatangkan 12 pemain baru sejauh ini. Puncaknya, pada bursa transfer musim panas ini, dirinya melakukan mega transfer yang mencengangkan sepak bola dunia.

Setelah berhasil mengamankan target jangka panjang Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dengan nilai 73 juta pounds, dua pemain bintang lainnya juga bergabung dengan klub yakni Raphael Varane dan Cristiano Ronaldo.

Selain itu, 11 pemain lama juga berhasil dijual secara permanen ke klub lain demi membersihkan sisa-sisa borok dari rezim pelatih sebelumnya, termasuk Alexis Sanchez, Romelu Lukaku, hingga Marouane Fellaini.

Dengan berbagai perombakan fenomenal tersebut, trofi apa saja yang sudah hilang dari genggaman Manchester United selama itu?

Manchester United terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada musim terakhir Sir Alex Ferguson tahun 2013. Kemudian di tahun 2017, Setan Merah terakhir kali merasakan trofi Liga Europa.

Nah, Man United payah dibandingkan rival-rivalnya sejak 2017. Man City memenangkan tiga gelar Liga Inggris, Piala FA dan empat Carabao Cup, Liverpool jadi kampiun Liga Inggris dan Liga Champions, Chelsea menjuarai Liga Champions, Piala FA dan Liga Europa, dan bahkan Arsenal memenangkan Piala FA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%