In-depth

Hanya 2 Kiper yang Tak Mempan dengan Penalti Bruno Fernandes, Siapa Mereka?

Minggu, 26 September 2021 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Gareth Copley/Getty Images
Bruno Fernandes sedih gagal mengeksekusi bola penalty Copyright: © Gareth Copley/Getty Images
Bruno Fernandes sedih gagal mengeksekusi bola penalty

INDOSPORT.COM – Sejak membela Manchester United, Bruno Fernandes, hanya takluk di depan dua kiper ini saat dirinya mengeksekusi penalti. Siapa mereka?

Bruno Fernandes menjadi sorotan ketika dirinya dijadikan kambing hitam atas kekalahan 0-1 Manchester United dari Aston Villa di Liga Inggris, Sabtu (25/09/21) malam WIB.

Pasalnya, sang playmaker gagal memanfaatkan peluang penalti di injury time. Saat itu, timnya sudah tertinggal 0-1 ketika Kortney Hause mencetak gol untuk Aston Villa di menit ke-88.

Harapan Manchester United datang setelah bek Aston Villa melakukan hand ball di kotak terlarang di menit 90+3. Wasit Micheal Dean menunjuk titik putih.

Bruno Fernandes yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya melambung jauh ke atas mistar gawang Emiliano Martinez.

Kekalahan ini membuat Manchester United turun ke posisi ke-4 digeser Manchester City yang berhasil menang 1-0 dari Chelsea di laga lain.

Sedangkan Aston Villa merangsek naik ke posisi ke-7 dengan raihan 10 poin dari tiga kemenangan, satu imbang dan dua kalah.

Selama ini, Bruno Fernandes dikenal sebagai “Rajanya Penalti” bagi skuat Setan Merah. Tercatat, Fernandes hanya dua kali dari 23 kesempatan dirinya gagal mengeksekusi penalti di semua ajang sejak Januari 2020.

Dihitung secara total, Fernandes juga sudah mengambil 14 penalti untuk Manchester United dengan dua kali menderita kegagalan di ajang Liga Inggris .

Dua kegagalan tersebut melibatkan dua kiper yang sejauh ini masih mempan dari akurasi tendangan Fernandes dari jarak 11 meter tersebut.

Pertama yakni kiper Newcastle United, Karl Darlow, yang membuat Fernandes tertunduk kecewa usai gagal menendang penalti pada 13 Oktober 2020 silam.

Saat itu, Darlow melakukan penyelamatan hanya dengan satu tangan untuk menepis bola hasil tembakan sang gelandang Setan Merah.

Itu menjadi kegagalan pertama Bruno Fernandes dalam mencetak gol dari titik bersama Man United. Sebelum ini ia sudah sukses melakukannya dalam 10 kesempatan (10 sukses jadi gol, 1 kali gagal).