Bola Internasional

Jelang Lawan Indonesia, Sejumlah Pemain Timnas Taiwan Ketahuan Pesta Alkohol

Senin, 4 Oktober 2021 18:33 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
© -
Ilustrasi sepakbola. Copyright: © -
Ilustrasi sepakbola.

INDOSPORT.COM - Timnas Taiwan menemui kendala indisipliner jelang melawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Sejumlah pemain ketahuan pesta alkohol.

Asosiasi Sepak Bola Taiwan (CTFA) menjatuhi hukuman skorsing kepada pelatih timnas, Henry Von serta empat pemain yang ketahuan melanggar protokol Covid-19.

Pelanggaran itu dilakukan mereka jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Setelah dilakukan penyelidikan, CTFA menemukan fakta bahwa Henry Von sengaja tidak melaporkan ketika anak asuhnya ketahuan pesta alkohol.

Untuk menggantikan peran Von, CTFA kemudian menunjuk asisten pelatih, Yeh Hsien-Chung. Para tanggal 21 Agustus 2021 lalu, empat pemain Timnas Taiwan yakni Chen Hao-wei, Pai Shao-yu, Tuan Hsuan, dan Yu Chia-huang pergi minum-minum di sebuah bar tanpa izin.

Sebelumnya ada dua pemain lain yang melanggar aturan pergi dari penginapan tanpa izin untuk membeli alkohol. Dua pemain yang dimaksud adalah Lee Hsiang-wei dan Lin Ming-wei.

Pelanggaran berlanjut pada 11 September 2021, Yu, Chen, Pai, Tuan, dan lin kembali melakukan pesta alkohol. Mereka melewatkan sesi sarapan bersama tim keesokan harinya.

Meski demikian, Henry Von tidak terima atas tuduhan yang dilayangkan oleh CTFA. Von mengatakan tuduhan itu tidak berdasar. Ia juga menambahkan bahwa sekretaris jenderal CTFA, Fang Ching-jen telah merugikan tim dengan menjatuhkan hukuman secara mendadak.

"Saya baru menerima pemberitahuan hari ini bahwa CTFA telah memecat empat pemain kunci di tim, dan juga menskors saya," ujar Henry Von dilansir dari Taipei Times.

"Fang membuat langkah keterlaluan sebelum pertandingan internasional. Tindakannya telah melukai seluruh tim. Saya sangat mengutuk keputusan itu," sambungnya lagi.

CTFA mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan hukuman denda kepada Chen Hao-wei, Pai Shao-yu, dan Tuan Hsuan sebanyak 30.000 yuan (66,32 juta rupiah).

Sedangkan Yu Chia-huang terkena denda sebanyak 10.000 yuan (22,10 juta rupiah). Sementara itu dua pemain yang keluar penginapan tanpa izin, Lee Hsiang-wei dan Lin Ming-wei hanya mendapatkan peringatan saja.

Selanjutnya Timnas Taiwan akan berhadapan dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Pertandingan tersebut akan digelar di Buriram, Thailand, pada dua leg yakni 7 dan 11 Oktober 2021.