Bola Internasional

Kronologi Pelecehan di Timnas Wanita Venezuela oleh Pelatih

Rabu, 6 Oktober 2021 19:32 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
© telegraph.co.uk
Ilustrasi pelecehan seksual Copyright: © telegraph.co.uk
Ilustrasi pelecehan seksual

INDOSPORT.COM - Dunia sepakbola Venezuela tengah tercoreng setelah eks Pelatih Timnas Sepakbola Wanita, Kenneth Zseremeta terseret kasus pelecehan seksual.

Kasus pelecehan Timnas Wanita Venezuela sendiri dibongkar oleh penggawa mereka. Sebanyak 24 pemain termasuk penyerang Atlético Madrid Deyna Castellanos, menyampaikan penyataan terbuka mengenai tindakan Zseremeta.

Mereka mengatakan jika selama bertahun-tahun Kenneth Zseremeta telah berbuat asusila pada penggawa wanita Timnas Venezuela. Kejadian tersebut berlangsung sejak tahun 2013 hingga 2017.

"Banyak dari kita terus mengalami trauma dan cedera mental yang menemani kita sehari-hari," kata mereka melansir dari Eluniverso.

Bahkan dalam pernyataan tersebut salah satu dari mereka mereka mengaku bahwa telah mengalami pelecehan seksual sejak dia berusia 14 tahun oleh Zseremeta hingga pada akhirnya sang pelatih didepak dari kursi kepelatihan pada tahun 2017.

"Ini adalah berita yang bagi kita semua sangat sulit untuk diasimilasi, sampai-sampai banyak dari kita merasa bersalah karena begitu dekat dengan semua ini dan tidak menyadari sesuatu yang begitu serius dan dapat dihukum," mereka menjelaskan.

“Ada ancaman dan manipulasi untuk memberi tahu orang tua para pemain tentang orientasi seksual mereka. Kami tidak pernah merasa memiliki alat untuk berbicara dan mendapatkan dukungan, karena pengaruh dan kekuatan orang ini dalam hidup kami adalah otoriter.”