Bola Internasional

Hasil UEFA Nations League: Italia vs Spanyol, Matador Melaju ke Final

Kamis, 7 Oktober 2021 03:45 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Seleccion Espana
Selebrasi Ferran Torres saat mencetak gol untuk Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League kontra Italia, Rabu (6/10/21). Copyright: © Seleccion Espana
Selebrasi Ferran Torres saat mencetak gol untuk Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League kontra Italia, Rabu (6/10/21).

INDOSPORT.COM - Spanyol memastikan langkah ke final UEFA Nations League 2021 usai membungkam Italia dengan skor tipis 2-1 di Stadion San Siro, Kamis (7/10/21) dini hari WIB.

Menurunkan sebagian besar anggota skuat saat menjuarai Euro 2020 Juli silam, Italia menampilkan permainan cepat di awal babak pertama. Total dua tembakan tepat ke gawang dilepaskan ketika laga baru bergulir enam menit.

Trisula Federico Chiesa, Federico Bernardeschi, dan Lorenzo Insigne bergantian menebar ancaman ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon. Italia tampak berupaya mencari gol pembuka.

Di sisi lain, Spanyol bersikeras meredam eksplosivitas Italia dengan mengambil alih penguasaan bola. Mereka begitu sabar menjalankan bola-bola pendek antarpemain.

Spanyol bahkan sempat beberapa kali menebar ancaman melalui serangan yang dibangun dari sisi kiri, salah satunya berbuah gol pembuka pada menit ke-17.

Berawal dari pergerakan Mikel Oyarzabal yang berlari di sisi kiri. Ia lantas melepaskan umpan silang akurat ke jantung pertahanan Italia. 

Dikatakan akurat karena bola mengarah tepat kepada Ferran Torres yang telah menunggu di sana. Striker Manchester City ini bisa dengan mudah meneruskan bola ke gawang karena berdiri bebas tanpa pengawalan ketat.

Skor nyaris bertambah semenit kemudian andai blunder kiper Gianluigi Donnarumma tidak disapu oleh kapten Leonardo Bonucci, tepat di depan garis gawang.

Detailnya, Donnarumma hendak menangkap bola sepakan Marcos Alonso, tapi terlepas dan membentur tiang sehingga menjadi liar. Beruntung, Bonucci sigap menyapunya sebelum disambar gelandang Spanyol, Koke Resureccion.

Enggan didikte Spanyol terus-menerus, Italia bergerak melancarkan tekanan. Kemampuan olah bola Lorenzo Insigne dkk. dikerahkan untuk mengelabui barisan bek lawan.

Pada menit ke-33, Federico Bernardeschi, mendapatkan ruang tembak nan langka. Tendangannya memang mengarah ke gawang, tapi masih bisa diblok Unai Simon.

Italia semakin terpuruk di akhir babak pertama mengingat kapten Leonardo Bonucci diganjar kartu merah usai tertangkap basah wasit menyikut Sergio Busquets.

Sesaat sebelum wasit meniup peluit tanda turun minum, Spanyol sukses menggandakan keunggulan, lagi-lagi melalui aksi Ferran Torres plus assist Mikel Oyarzabal, pada menit ke-45+2. Skor 2-0 menutup babak pertama.