In-depth

Jeffren Suarez: Tandem Messi di Barcelona Era Guardiola Kini Terdampar di Liga 2 Thailand

Selasa, 12 Oktober 2021 12:32 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© JOSEP LAGO/AFP via Getty Images
Jeffren Suarez saat berseragam Barcelona Copyright: © JOSEP LAGO/AFP via Getty Images
Jeffren Suarez saat berseragam Barcelona

INDOSPORT.COM – Kisah Jeffren Suarez, tandem Lionel Messi di Barcelona yang kini kariernya menukik tajam dengan bermain di Liga 2 Thailand, Lamphun Warrior.

Barcelona dengan akademi La Masia-nya, banyak melahirkan pemain berbakat. Meski demikian sederet pemain tersebut ada yang bersinar dan ada pula yang melempem. Salah satunya Jeffren Suarez.

Jeffren merupakan pemain asli binaan akademi Barcelona, La Masia di mana ia bergabung dengan Blaugrana pada 2004 dari Tenerife.

Dalam kurun waktu tersebut, ia naik tingkat secara perlahan di kelompok umur hingga promosi ke tim utama Barcelona pada 2009.

Jika ditilik dari rentang waktunya, maka Jeffren Suarez pernah bermain bersama Lionel Messi di akademi Barcelona yang dilatih oleh Pep Guardiola.

Kiprah pemain berkebangsaan Kolombia ini cukup moncer di akademi. Di Barcelona B, pemain yang berposisi sebagai winger dan penyerang ini mampu melesakkan 14 gol dari 82 penampilan.

Atas dasar tersebut, Guardiola yang lantas jadi pelatih utama Barcelona mempromosikan Jeffren dan diberi debut saat Los Cules menghadap Real Mallorca pada 17 Mei 2009.

Sejak saat itu, Jeffren masuk dalam skuat Barcelona dalam mengarungi beragam kompetisi seperti LaLiga Spanyol , Piala Dunia Antarklub, Liga Champions, dan Supercopa de Espana.

Masuk dalam skuat emas Barcelona kala itu membuat Jeffren kecipratan gelar-gelar bergengsi di berbagai ajang baik domestik maupun Eropa.

Namun, kariernya lantas menukik tajam seiring keputusan Barcelona melepasnya. Hingga akhirnya, kini Jeffren Suarez bermain di Liga 2 Thailand bersama Lamphun Warrior.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%